Manfaat dan Urgensi Pemecahan Masalah dalam Proses Pembelajaran Berbantuan Media Thinglink terhadap Capaian Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Nurul Izzah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Imas Srinana Wardani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Danang Prastyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, media thinglink, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV terhadap capaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran bagian-bagian tumbuhan berbantuan media thinglink Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan kemampuan memahami konsep sehingga berpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebondalem tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes untuk mendapatkan data hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Adapun hasil analisis deskriptif yang diperoleh adalah siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dimensi C2 sebesar 60 persen, dimensi C3 sebesar 80 persen, dimensi C4 sebesar 72 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslikhah, S. (2017). Pengembangan Flipchart Berbasis Gambar pada Mata Pelajaran IPS Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan pada Kelas IV Sekolah Dasar.

Fadjarajani, S. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. Gorontalo: Ideas Publishing.

Hamdani, A. R. (2015, 12). Pengaruh Blended Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Daur Air. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Herlina , S., & Kelana, J. B. (2021). Pemahaman Konsep Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SD. Jurnal; of Elementary Education, 04(03), 421-427.

Kudratillah, I. (2018). Peningkatan dan Hasil Belajar Menggunakan Game Chain Whisper dengan Alat Peraga Tumbuhan Tentang Struktur Daun daan Fungsinya Siswa Kelas IV SDN Tegalgondo Malang.

Mardiani, I. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran IPA Tentang Materi Struktur Daun Tumbuhan Dengan Fungsinya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Nuraeni, S. (2019). The Effect of A Digital Interactive Science Poster Using Thinglink Towards Student Concept Mastery and Creativity In Learning About Drugs.

Ramadani, A. F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Poin Terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan pada SD Kelas IV SD Inpress Perumnas III Makassar.

Rawung, W. H., & Katuuk, D. A. (2021). Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1).

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tentang Guru.

Sembiring, E. K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya di Kelas IV SDN 064020 Medan Sunggal T.A 2020/2021.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Utari, R. (2011). Taksonomi Bloom Apa dan Bagaimana Menggunakannya? Retrieved from academia.edu: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/36777006/766_1-Taksonomi_Bloom_-_Retno-ok-mima-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1646892532&Signature=LCw8SvEj99aJVy-tScA15J4MPmiIOHJkgoh2MscDYb2JHPW-R0KvoC7twcf3NGD1YZrAneZ5HS-dVsHeDvYdMo0KNUTHIZJh6ZrZJLNei3k-CD~DxIg1ls

Yusuf, M. (2017). Assesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Pratama Mandiri.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Izzah, N., Wardani, I. S., & Prastyo, D. (2022). Manfaat dan Urgensi Pemecahan Masalah dalam Proses Pembelajaran Berbantuan Media Thinglink terhadap Capaian Hasil Belajar Siswa. SNHRP, 670–676. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/375