Analisis Pengaruh Pengetahuan Pajak Dan Sistem Perpajakan Terhadap Ketaatan Wajib Pajak Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Ryan Adriansyah Gautama Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kurnia Rina Ariani Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Pengetahuan Pajak, Sistem Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Ketaatan Wajib Pajak

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan pemerintah yang sangat penting khususnya di dalam pelaksanaan pembangunan sebuah Negara. Pajak adalah sumber pendapatan Negara untuk membiayai semua pengeluaran termasuk pengeluaran pembangunan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan pajak dan sistem perpajakan terhadap ketaatan wajib pajak dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel intervening. Sampel dari penelitian ini adalah wajib pajak yang memiliki NPWP yang terdaftar di KPP Pratama Sukoharjo. Metode pengambilan secara purposive sampling dan accidental sampling digunakan untuk menentukan sampel dengan cara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui tersebut cocok sebagai sumber data dan diperoleh sebanyak 113 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan pajak tidak berpengaruh terhadap sosialisasi perpajakan, sistem perpajakan berpengaruh terhadap sosialisasi perpajakan, pengetahuan pajak dan sosialisasi perpajakan berpengaruh terhadap ketaatan wajib pajak, sistem perpajakan tidak berpengaruh terhadap ketaatan wajib pajak, dan sosialisasi perpajakan tidak mengintervening (mediasi) pengetahuan pajak dan sistem perpajakan terhadap ketaatan wajib pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sari, Viega Ayu Permata. 2017. “Pengaruh Tax Amnesty, Pengetahuan Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Volume 6, Nomor 2, Februari 2017, ISSN: 2460-0585.

Rahayu, Nurulita. 2017. “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak, Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”. Jurnal Akuntansi Dewantara, Vol.1 No.1, 2017.

Dharma, Gede Pani Esa Dharma dan Ketut Ali Suardana. 2014. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan pada Kepatuhan Wajib Pajak”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1 , 2014, ISSN: 2302-8556.

Wowor, Ricky Alfiando dan Jenny Morasa dan Inggriani Elim, 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Wajib Pajak Untuk Menggunakan E-Filing”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado, ISSN 2303-1174.

Rohmawati, L., Prasetyono, dan Y. Rimawati. 2013. Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Tingkat Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas pada KPP Pratama Gresik Utara). Skripsi. Universitas Trunojoyo. Madura.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Gautama, R. A., & Ariani, K. R. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Pajak Dan Sistem Perpajakan Terhadap Ketaatan Wajib Pajak Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Intervening. SNHRP, 632–638. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/371