Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Dalam Menyelesaikan SPL Dengan Eleminasi Gauss Jordan Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Keywords:
Pemecahan Masalah, Eleminasi Gauss Jordan, Gaya KognitifAbstract
Fokus penelitian ini adalah menganalisis pemecahan masalah mahasiswa dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linier dengan metode Eleminasi Gauss Jordan. Penelitian ini dilaksanakan di semester gasal TA 2021-2022 pada mahasiswa Pendidikan Matematika Angkatan 2020 yang tengah menempuh matakuliah Aljabar linier. Penelitian ini menggunakan Tes dan wawancara sebagai Teknik pengumpulan data, yang kemudian dianalisis dengan model analisis Miles and Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukakan didapat informasi bahwa mahasiswa dengan gaya kognitif yang berbeda memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda pula, sebagaimana dapat dijabarkan berikut: 1) subjek FD dan FI dapat menyebutkan informasi-informasi penting dalam soal, hal ini menunjukkan keduanya memiliki kemampuan memahami masalah yang baik, 2) Saat diwawancara, Subjek FI dapat dengan lancar dan tepat menyebutkan langkah-langkah penyelesaian SPL dengan metode eleminasi gauss jordan, sedangkan Subjek FD agak terbata-bata, namun hal ini tidak dapat dikonfirmasi dengan maksimal melalui hasil tes keduanya. 3) Subjek FI dan Subjek FD kurang mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik, Subjek FD kurang mampu dalam menentukan OBE yang tepat untuk membentuk matriks eselon terduksi, sedangkan Subjek FI salah dalam melakukan perhitungan dan 4) Subjek FD tidak melakukan tahap pengecekan ulang, karena penyelesaian yang dikerjakan tidak pernah sampai penarikan kesimpulan, sedangkan Subjek FI juga tidak melakukannya karena terburu-buru.
Downloads
References
Alifah, N., & Aripin, U. (2018). PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 505–512.
Arifin, S., Rahman, A., & Asdar. (2015). PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII UNGGULAN SMPN 1 WATAMPONE. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 20–29.
Merona, S. P. (2017). Kombinasi Tutorial dengan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika di Perguruan Tinggi. Mosharafa, 6(2), 153–162.
NCTM. (2000). Principle Standards for School Mathematics. United States Of America: The National Council of Teachers of Mathematics.
Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas Vii. October 2016, SNF2016-EER-71-SNF2016-EER-76. https://doi.org/10.21009/0305010312
Puspananda, D. R., & Suriyah, P. (2017). Analisis Faktor pada Group Embbeded Figures Test untuk Mengukur Gaya Kognitif. SEMINAR MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2017, 225–230.
Ramadhani, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiwa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Menggunakan Metode Elimasi Gauss-Jordan Ditinjau dari Gaya Kognitif. Seminar Nasional Matematika Fakultas Matematika Universitas Negeri Medan, Mei.
Rohmani, D., Rosmaiyadi;, & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Variabel, 3(2), 90–102.
Rosdiana, R., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2018). Analisis Proses Berpikir Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 74–84. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1291
Vitantri, C. A. (2021). Analisis kesalahan mahasiswa tingkat awal dalam menyelesaikan soal aljabar. 4(2), 295–306. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.295-306
Yuwono, T., Supanggih, M., Ferdiani, R. D., Matematika, J. P., Kanjuruhan, U., Jl, M., & Malang, S. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.