Pengaruh Harga Rokok Terhadap Perekonomian Di Indonesia Serta Bahaya Yang Ada Di Dalam Rokok

Authors

  • Achmad Aziz Arofani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Devon Satria Firdana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dwi Wahyu Setiawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Gurotun Ainul Mardiah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Qomarul Batha Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Rokok, Harga, Perekonomian

Abstract

Merokok adalah suatu kebiasaan menghisap rokok yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindari bagi orang yang mengalami kecenderungan terhadap rokok. Rokok merupakan salah satu bahan adiktif artinya dapat menimbulkan ketergantungan bagi pemakainya. Sifat adiktif rokok berasal dari nikotin yang dikandungnya. Setelah seseorang menghirup asap rokok, dalam 7 detik nikotin akan mencapai otak (Soetjiningsih, 2010). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena data dalam penelitian ini berupa analisis menggunakan statistik dalam bentuk angka-angka yang sifatnya kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh jumlah responden di Indonesia. Widyawati dan Pujiyono (2013), populasi adalah kelompok elemen yang lengkap, yang biasanya berupa orang, obyek, transaksi, atau kejadian menarik untuk dijadikan obyek penelitian. Sedangkan sampel adalah suatu himpunan bagian dari unit populasi. Berdasarkan data IFLS-5, sample penelitian ini berisi hasil survei yang dikumpulkan di tingkat individu dan rumah tangga, termasuk beberapa indikator ekonomi dan kesejahteraan non-ekonomiKenaikan tarif cukai hasil tembakau selain untuk meningkatkan penerimaan negara juga untuk mengendalikan konsumsi rokok di kalangan remaja Indonesia usia 10-18 tahun agar dapat sesuai target yang dipatok sebesar 8,7 persen di RPJMN. Pada 2019 pemerintah sempat tidak menaikkan tarif cukai rokok. Baru di tahun 2020 tarif cukai rokok dinaikkan sebesar 23 persen. Rokok-rokok dengan kategori Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang pangsa pasarnya mencapai 75 persen dengan merek-merek yang populer mengalami kenaikan harga yang minimDari inti permasalahan pengaruh harga rokok terhadap perekonomian di Indonesia menyimpulkan bahwasanya komoditas rokok sangatlah berpengaruh terhadap perekonomian rokok di Indonesia dilihat dari beberapa aspek dan data reil di data statiktik maupun laman wab rokoklah yang memberikah pemasukan pajak yang tertinggi didalam perekonomian di Indonesia ini. Tapi sangat berpengaruh juga pada petani di Indonesia karena pada bulan oktober biasanya perusahaan rokok mematok harga tembakau dengan harga 40.000 dan pada saat itu juga harga tembakan di para pengepul sampai di petani ada pergulingan atau harganya bisa merosot karena itu banyak petani yang mengeluhkan harga tembakau di pengepul dengan harga 23.000 tapi harus bagaimana lagi karena petani tidak bisa melakukan upaya apapun, dan dari para pengonsumsi rokok juga mengelukan harga rokok terdapat kenaikan beberapa persen sedangkan mayoritas para perokok hanyalah para buruh dan para petani tapi tidak bisa dipungkiri lagi mereka sangat kecanduan oleh rokok dan tidak bisa meninggalkanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyyah, Rizqi. 2021. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” 6: 6.

Asman, Aulia. 2021. “Manajemen Operasional Digital Terhadap Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pneumonia Di Poliklinik Paru Di RSUD Pariaman.” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal 2(2): 13–19.

Deni Tri Suhesti, Nisha Firda Amalia, Rizka Ertama. 2021. “Strategi Manajemen Pemasaran Paket Umrah Era New Normal.” SEMJ Sharia Economic Managemment Bussiness Journal 2(1): 24–42. https://siducat.org/index.php/sembj/article/download/176/151.

Dyatmika, S. W., Purnaningrum, E., & Susilo, T. PENINGKATAN NILAI JUAL PRODUK HOME INDUSTRY MELALUI OPTIMALISASI DESAIN DAN KEMASAN DI DESA GONDANG, KECAMATAN GONDANG, MOJOKERTO.

Fisabilillah, Ladi Wajuba Perdini, and Nurul Hanifa. 2021. “Analisis Pengaruh Fintech Lending Terhadap Perekonomian Indonesia.” Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation 1(3): 154–59. https://journal.ilininstitute.com/index.php/IJoEEI/article/view/866.

Jempper, Jurnal, and Vol No. 2022. “Analisis Risiko Operasional Pada Kawasan Pantai Jumiang Pamekasan.” 1(1).

Juliana, R., Surabaiarta, I. K., & Purnaningrum, E. (2021). PENGARUH KEMASAN & HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN COFFEE DI CAFE CYCLO SIDOARJO. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(1), 185-193.

Kusumawardhani, D. A., & Purnaningrum, E. (2021). Penyebaran pengguna digital wallet di indonesia berdasarkan google trends analytics. INOVASI, 17(2), 377-385.

Muliati, Ni Ketut. 2020. “Pengaruh Perekonomian Indonesia Di Berbagai Sektor Akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).” Widya Akuntansi dan Keuangan 2(2): 78–86.

Ningsih, Lorenza Ayu, and Syamsul Amar. 2020. “Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Investasi Domestik Dan Tenaga Kerja Terhadap Kinerja Perekonomian Indonesia.” Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan 2(1): 85.

Pardamean, Ada Tua. 2020. “Dampak Kebijakan Fiskal Dan Moneter Dalam Perekonomian Indonesia.” Quantitative Economics Journal 2(3).

Prastyaningtyas, Efa Wahyu. 2019. “Dampak Ekonomi Digital Bagi Perekonomian Indonesia.” Seminar Nasional Manajemen Ekonomi dan Akuntansi (SENMEA) (IV): 103–8. http://ojs.senmea.fe.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/download/22/26.

Purnaningrum, E., Dwiarta, I. M. B., Ariprabowo, T., Waryanto, R. B. D., & Prasetyo, A. (2021). Pemberdayaan UMKM Disabilitas Trenggalek untuk Peningkatan Pendapatan Pasca Pandemi melalui Upgrading Sosial Media. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 94-99.

Ramdani, Zulmi et al. 2021. “Perilaku Manajemen Keuangan Karyawan Selama Pandemi COVID-19: Sebuah Studi Awal.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 8(1): 170–79.

Rosa, Yenni Del, Imran Agus, and Mohammad Abdilla. 2019. “Pengaruh Inflasi, Kebijakan Moneter Dan Pengangguran Terhadap Perekonomian Indonesia.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas 21(2): 283–93.

Santosa, Purbayu Budi. 2010. “Pembangunan Sektor Pertanian Melalui Pola Agribisnis Menuju Ketangguhan Perekonomian Indonesia.” Dialogue 2(1): 674–85.

Simatupang, Bachtiar. 2019. “Peranan Perbankan Dalam Meningkatkan Perekonomian Indonesia.” Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma 6(2): 136–46.

Sholicha, Y. A., Surabagiarta, I. K., & Purnaningrum, E. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan di PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk Bungurasih Sidoarjo. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(2), 373-379.

Surabagiarta, I. K., & Purnaningrum, E. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(2), 294-301.

Wahyuningsih, Sri. 2009. “Peranan UKM Dalam Perekonomian Indonesia.” Jurnal Ilmu - ilmu Pertanian 5(1): 1–14. https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/Mediagro/article/download/890/1002.

Widayanto, Aris. 2022. “Anggaran Biaya Operasional Realisasi Biaya Operasional Penyimpangan ( Varians ) Tindakan Koreksi Pengawasan Biaya Operasional.” 2(1): 1–10.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Arofani, A. A., Firdana, D. S., Setiawan, D. W., Mardiah, G. A., & Batha, Q. (2022). Pengaruh Harga Rokok Terhadap Perekonomian Di Indonesia Serta Bahaya Yang Ada Di Dalam Rokok. SNHRP, 614–622. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/369