Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Siswa SD Se-Kecamatan Pacitan

Authors

  • Dimas Yuniar Ardiniawan Universitas Sebelas Maret
  • Slamet Subiyantoro Universitas Sebelas Maret
  • Sandra Bayu Kurniawan Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Realistic Mathematic Education, Sekolah Dasar

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan realistik, karena memiliki kelebihan yaitu lebih memberikan pengertian yang jelas kepada siswa tentang keterkaitan matematika dengan kehidupan sehari-hari dan dalam bimbingan guru siswa dapat menyelesaikan masalah matematikanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bernalar siswa melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa semester II kelas IV SD Negeri  Kecamatan Pacitan. Dalam penelitian ini sebagai sampelnya adalah sebagian dari populasi yang diambil dengan menggunakan teknik Stratified Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum dan sesudah menggunakan metode RME (Realistic Mathematic Education). Berdasarkan hasil analisis uji t (paired sample t-test), maka dapat diperoleh hasil bahwa t-hitung lebih besar dari t tabel yaitu 12.078 > 1.68595 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05 ,maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh metode RME terhadap pengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa SD se-kecamatan Pacitan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, A. I. P. (2018). Jenis-Jenis Belajar Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.218

Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39

Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, 9(1). https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.845

Khodijah, N. (2019). Profesionalisme Guru Dalam Penerapan Model-Model Pembelajaran Inovatif Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.27

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Matematika, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878

Riadi, M. (2020). Populasi dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pengambilan dan Rumus). Www.Kajianpustaka.Com.

Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.

Windayana, H., Priatna, D., Rostika, D., & Kartika, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Penggunaan Media Cerita Bergambar Dibandingkan Media Dialog Narasi. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1). https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2784

Yudha, O. A., Rosmaiyadi, R., & Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Model MEA dengan Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Kelas VII. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1852

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Ardiniawan, D. Y., Subiyantoro, S., & Kurniawan, S. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Siswa SD Se-Kecamatan Pacitan. SNHRP, 607–613. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/368