Pengaruh Media Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Mapel Bahasa Indonesia Kelas V Di SDN Kalijaten

Authors

  • Rosa Firnanda Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Adhelia Igadhama Noermiadi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ferdian Nugie Anggara Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Fidatur Rohmah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tasya Maulidiawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Alvi Rachmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Terta Rani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Media Gambar, Keterampilan Menulis Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kalijaten Taman Sidoarjo pada siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental ini adalah Intact-Group Comparison design. Desain ini terdapat satu kelompok (kelas) yang digunakan untuk penulisan yang dibagi dua yaitu satu kelompok untuk eksperimen (diberi perlakuan) dan kelompok untuk kontor (tidak diberi perlakuan). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis peserta didik dalam membuat sebuah puisi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Kalijaten, Taman, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acesta, A., Sumantri, M. S., Fahrurrozi, F., Iasha, V., & Setiawan, B. (2021). Natural Scıence Learnıng Module Based on Multıple Intellıgences in Elementary Schools. Psychology and Education Journal, 58(4), 739–749.

Ainulluluah, A., Boeriswati, E., Rahmawati, Y., & Setiawan, B. (2022). Systematic Literature Review: Improving Self Regulated Learning Through The Flipped Classroom Model Based on Interactive E-Books. Jurnal Basicedu, 6(3), 4681-4690.

Azmy, B., Juniarso, T., & Setiawan, B. (2022). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis IT: PPM Bagi Guru SDN Sumur Welut III/440 Surabaya. Kanigara, 2(1), 8–15.

Ensiawati. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 005 KOTO SENTAJO KECAMATAN SENTAJO RAYA. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 2 Nomor 3 Mei 2018 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 PENERAPAN, 2(3), 2013–2015.

Hardiansyah, A., Listryarini, I., & Arief Budiman, M. (2021). … Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas Iv Sd Negeri …. … Pendidikan Dasar Dan …, 2(3), 355–363.

Iasha, V., Al Ghozali, M. I., Supena, A., Wahyudiana, E., Setiawan, B., & Auliaty, Y. (2020). The Traditional Games Effect on Improving Students Working Memory Capacity in Primary Schools. Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–5.

Irawan, S., & Iasha, V. (2021). Core Learning Model and Mathematical Disposition, Against Mathematics Problem Solving Ability of Elementary School Students. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(2), 122–129.

Juniarso, T., Azmy, B., Rosidah, C. T., & Setiawan, B. (2020). Pelatihan Penyusunan Proposal Classroom Based Action Research bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 665–671.

Maulani, W., & Hidayati, R. P. P. (2021). MODEL PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI BERBASIS KOMIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMK. 4(1), 63–71.

Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(1).

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Oktapiyani, R. (2021). PEMANFAATAN GAMBAR/FOTO DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN. Dinamika: Volume 4 (1) 2021 Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya e-Issn 2715-8381, 4(1).

Pramujiono, A., Suhari, S. H., Rachmadtullah, R., Indrayanti, T., & Setiawan, B. (2020). KESANTUNAN BERBAHASA, PENDIDIKAN KARATER, DAN PEMBELAJARAN YANG HUMANIS. Indocamp.

Rianti Delia. (2016). PENGARUH MEDIA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AMPEK NAGARI. July, 1–23.

Sari, N., & Luli Nadya, N. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS KELAS V SD NEGERI 16 RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 2(1), 63–69.

Sari, Y., Yustiana, S., Fironika, R., Ulia, N., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). The Design of Religious Value-Based Teaching Materials in Increasing Students’ Learning Achievement Elementary School. Jurnal Basicedu, 6(1), 1137–1144.

Setiawan, B., Apri Irianto, S. H., & Rusminati, S. H. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD. CV Pena Persada.

Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Corona Virus Disease 2019: The Perspective Opinion From Pre-Service Elementary Education Teacher. Education, Sustainability & Society, 3(2), 33–36. https://doi.org/10.26480/ess.02.2020.33.36

Setiawan, B., Juniarso, T., Fanani, A., & Iasha, V. (2020). Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 230–236.

Sinta, M. D. (2017). PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA. Jurnal Sekolah Dasar Vol. 2 No. 1, 6(1), 5–9.

Utomo, G. M., Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2021). What Kind of Learning Media do You Want? Need Analysis On Elementary School Online Learning. Jurnal Basicedu, 5(5), 4299–4305.

Wahyudiana, E., Sagita, J., Iasha, V., Setiantini, A., & Setiarini, A. (2021). Problem-Based Learning-Based IPA Practicum Module to Improve Problem-Solving Ability. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(2), 161–167.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Firnanda, R., Noermiadi, A. I., Anggara, F. N., Rohmah, F., Maulidiawati, T., Rachmawati, A., & Rani, T. (2022). Pengaruh Media Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Mapel Bahasa Indonesia Kelas V Di SDN Kalijaten. SNHRP, 599–606. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/367