Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD-IT Al Haromain Di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Pandemi covid-19, pembelajaran daring, motivasi belajarAbstract
Tujuan pada penelitiani ini adalah untuk mengetahui mengenai pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa di SDIT Al-HAROMAIN di masa Pandemic. Penelitian pada artikel ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket di SDIT Al-Haromain Nganjuk. Populasi penelitian adalah para guru di SDIT Al-Haromain Nganjuk sedangkan sampel yang digunakan adalah semua guru yang ada di SDIT Al-Haromain Nganjuk yang berjumlah 13 orang guru. Berdasarkan pembahasan bahwa 80 persen guru SDIT AL-Haromain menggunakan model pembelajaran dalam metode penugasan sedangkan kendala yang diperoleh dalam pembelajaran daring di SDIT AL Haromain adalah kurangnya sinyal dan fasilitas pendukung yang kurang memadai. Maka, Pembelajaran di masa pandemic ini sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di SDIT AL Haromain.
Downloads
References
Acesta, A., Sumantri, M. S., Fahrurrozi, F., Iasha, V., & Setiawan, B. (2021). Natural Scıence Learnıng Module Based on Multıple Intellıgences in Elementary Schools. Psychology and Education Journal, 58(4), 739–749.
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193.
Azmy, B., Juniarso, T., & Setiawan, B. (2022). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis IT: PPM Bagi Guru SDN Sumur Welut III/440 Surabaya. Kanigara, 2(1), 8–15.
Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., & Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 3(01), 123–140. https://doi.org/https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Desriva, N. I. A., Utari, M. D., & Padri, A. A. L. (2020). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SAAT PANDEMI COVID 19 DI KOTA PEKANBARU. Ensiklopedia of Journal, 2(5), 124–130.
Fanny, A. M., Kusmaharti, D., & Setiawan, B. (2021). Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK: PPM Bagi Guru SD Hang Tuah X Sedati. Manggali, 1(2), 137–149.
Ghullam Hamdu, L. A. (2011). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PESTASI BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.
Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Irawan, S., & Iasha, V. (2021). Core Learning Model and Mathematical Disposition, Against Mathematics Problem Solving Ability of Elementary School Students. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(2), 122–129.
Izzatunnisa, L. dkk. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 7–14.
Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(1).
Rachamatika, T., Sumantri, M. S., Purwanto, A., Wicaksono, J. W., Arif, A., & Iasha, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 59–69.
Sari, Y., Yustiana, S., Fironika, R., Ulia, N., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). The Design of Religious Value-Based Teaching Materials in Increasing Students’ Learning Achievement Elementary School. Jurnal Basicedu, 6(1), 1137–1144.
Setiawan, B., Apri Irianto, S. H., & Rusminati, S. H. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD. CV Pena Persada.
Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Covid-19 pandemic: The influence of full-online learning for elementary school in rural areas. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 114–123.
Setiawan, B., Juniarso, T., Fanani, A., & Iasha, V. (2020). Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 230–236.
Sudrajat, A., Lovienica, M., & Iasha, V. (2021). Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 70–75.
Sulastri, Arum, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(5), 4109–4119.
Tampubolon, R. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 5(5), 3125–3133. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291
Utomo, G. M., Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2021). What Kind of Learning Media do You Want? Need Analysis On Elementary School Online Learning. Jurnal Basicedu, 5(5), 4299–4305.
Wahyudiana, E., Sagita, J., Iasha, V., Setiantini, A., & Setiarini, A. (2021). Problem-Based Learning-Based IPA Practicum Module to Improve Problem-Solving Ability. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(2), 161–167.
Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.