Penerapan Metode Token Ekonomi Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SDN Sambibulu Sidoarjo

Authors

  • Erlina Mustafia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mira Kartika Sari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nadiyah Mei Sulistyowati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Endah Ayu Kusuma Ning Tyas Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ade Dyah Wahyuningtyas Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Adinda Salsabila Kurnia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mufarridun Balangga Universitas Muhammadiyah Kupang

Keywords:

metode token ekonomi, konsentrasi belajar, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggali informasi mengenai konsentrasi belajar siswa SDN Sambibulu dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi konsentrasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas V SDN sambibulu dengan jumlah keseluruhan 19 siswa. Temuan survey guru menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan untuk mengembalikan konsentrasi belajar siswa adalah dengan tanya jawab secara mendadak dan memberikan reward ketika berhasil menjawab dengan benar. Hal ini biasa disebut debagai metode token ekonomi.  Disisi lain, dengan menggunakan metode ini siswa lebih bersemangat dalam menyimak pembelajaran. Mereka merasa harus fokus dan menyiapkan diri apabila ada pertanyaan yang diajukan. Sehingga dengan penerapan metode token ekonomi untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SDN Sambibulu berjalan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aningsih, Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1 SE-Articles), 371. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029

Aprilianti, A., Heryanto, D., & Mulyasari, E. (2017). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 63–75.

Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33

Azmy, B., Juniarso, T., & Setiawan, B. (2022). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis IT: PPM Bagi Guru SDN Sumur Welut III/440 Surabaya. Kanigara, 2(1), 8-15.

Devita, Y., Mulyadi, R., & Dkk. (2019). EFEKTIVITAS TERAPI TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN MENGERJAKAN TUGAS PADA ANAKTAHAP USIA SEKOLAH. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(1), 51–56.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170

Heryanto, D., & Mulyasari, E. (2017). PENERAPAN TEKNIK MODIFIKASI PERILAKU TOKEN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. II(1).

Juniarso, T., Azmy, B., Rosidah, C. T., & Setiawan, B. (2020). Pelatihan Penyusunan Proposal Classroom Based Action Research bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 665–671.

Lubis, R. F. (2019). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran.

Miranti, D., & Pratikto, H. (2020). Modifikasi Perilaku dengan Cara Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi pada Anak Retardasi Mental. Jurnal Psikologi Klinis Indonesia, 5(2), 30–36.

Ningsih, L. P. A. W., Surananta, K., & Dharsana, K. (2014). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Dengan Teknik Mediasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Di Titl 3 SMK negeri 3 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(1).

Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133.

Setiawan, B., Apri Irianto, S. H., & Rusminati, S. H. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD. CV Pena Persada.

Utomo, G. M., Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2021). What Kind of Learning Media do You Want? Need Analysis On Elementary School Online Learning. Jurnal Basicedu, 5(5), 4299–4305.

Yustitia, V., Fanny, A. M., Kusmaharti, D., & Setiawan, B. (2021). Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK: PPM Bagi Guru SD Hang Tuah X Sedati. Manggali; Vol 1 No 2 (2021): ManggaliDO - 10.31331/Manggali.V1i2.1692 . http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/1692

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Mustafia, E., Sari, M. K., Sulistyowati, N. M., Tyas, E. A. K. N., Wahyuningtyas, A. D., Kurnia, A. S., & Balangga, M. (2022). Penerapan Metode Token Ekonomi Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SDN Sambibulu Sidoarjo. SNHRP, 4, 563–569. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/361