Nilai Spiritual Tokoh Dalam Novel Simple Miracles Doa Dan Arwah Karya Ayu Utami

Authors

  • Ayu Rizki Dian Sakti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Indayani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

nilai–nilai spiritual, karakter, novel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai spiritual novel Simple Miracles Doa dan Arwah karya Ayu Utami. Dalam novel ini terdapat nilai-nilai spiritual dan nilai filosofi. Novel ini juga menceritakan kisah nyata. Banyak peristiwa spiritual dalam kehidupan nyata yang dihadirkan seorang pengarang melalui karyanya untuk membuat sebuah karya sastra yang mengandung nilai spiritual dan pemikiran kritis yang sangat kaya akan peristiwa spiritual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kalimat, pernyataan, ungkapan yang terdapat dalam Novel Simple Miracles Doa dan Arwah. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Simple Miracles Doa dan Arwah karya Ayu Utami. Kajian difokuskan pada isu-isu yang berkaitan dengan nilai-nilai spiritual. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Simple Miracles Doa dan Arwah karya Ayu Utami mengandung nilai-nilai spiritual. Nilai-nilai spiritual yang ditemukan di antaranya: nilai hubungan spiritual dengan Tuhan (dimensi transenden) dalam bentuk kepercayaan kepada Tuhan yang menghendaki. Dalam novel ini digambarkan oleh tokoh utama, doa rasa cinta yang kebarat-baratan, dan kematian menjadi misteri bagi tokoh utama yang menyebabkan tokoh utama berpikir kritis tentang misteri dalam kehidupan. Nilai-nilai spiritual hubungannya dengan diri sendiri atau lingkungan berupa tanggung jawab keluarga, penderitaan yang dialami tokoh, dan keterbukaan terhadap perbedaan agama yang dialami tokoh dalam kehidupan spiritual sehari-hari. Nilai hubungan spiritual dengan mistik dari kepercayaan terhadap hantu, makhluk halus dan makhluk halus, kepercayaan Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, dan Sedulur Papat Lima Pancer tradisional Jawa yang dijadikan kepercayaan dalam kehidupan novel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Endaswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Moleong, Laxy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustakim, Hidayatul. (2014). Reprentasi Nilai Spiritual dalam Novel Dzikir dan Pikir karya Reza Nurul Fajri. Vol. 2 No. 3.

Priyatmoko, Robertus. (2013). Nilai Kemanusiaan dalam Kumpulan Cerpen Sungai Yang Merah Karya Aguk Irwan MN. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Utami, Ayu. (2016). Simple Miracles Doa Dan Arwah. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Sakti, A. R. D., & Indayani, I. (2022). Nilai Spiritual Tokoh Dalam Novel Simple Miracles Doa Dan Arwah Karya Ayu Utami. SNHRP, 553–562. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/360