Pola Pembelajaran Kelas Multikultur di Perguruan Tinggi Berbasis Agama (Studi Kasus di STIPAK Malang)

Authors

  • Amir Hamzah Pascasarjana STIPAK Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan pola-pola pembelajaran multikultural pada Perguruan Tinggi yang berbasis Agama dalam upaya menjaga ketentraman hidup masyarakat bangsa yang majemuk. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan Studi Kasus (Case Study) untuk menemukan gambaran pola yang terkait dengan fenomena dan mengindentifikasi hubungan-hubungan yang memengaruhi fenomena. Jenis kajiannya adalah studi kasus intrinsik (intrinsic case study) yang ditempuh karena keinginan peneliti untuk memahami kasus dalam seluruh kekhususan dan aspek kesederhanaannya. Paradima penelitian yang dibangun adalah kerangka pikir transformatif, yaitu pola pikir yang digunakan untuk membantu mengembangkan atau memperbaiki kehidupan melalui penyadaran pentingnya keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hasil penelitian menemukan tiga pola dasar, yaitu (1) pola indoktrinasi, (2) pola akulturasi, dan (3) gerakan sosial. Pola indoktrinasi dilksankan secara inheren dalam pembelajaran, pola akulturasi dibentuk dalam kelas-kelas majemuk, sedangkan pola gerakan sosial berupa tindakan nyata di tengah masyarakat. Ketiga pola tersebut secara bersama-sama digunakan oleh STIPAK Malang untuk mengodisikan mahasiswa dalam suatu situasi kondusif tetap menjaga budaya dan tradisi guna merawat keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pola indoktrinasi bertujuan untuk memantapkan pemahaman internal mahasiswa, pola akulturasi bertujuan meleburkan budaya yang beragam dalam semangat persatuan dan kesatuan bangsa dan pola gerakan sosial untuk melatih kepekaan dalam bermasyarakat bahwa setiap manusia butuh manusia lainnya.

Kata kunci: pola pembelajaran, multikultural

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Amir Hamzah. (2021). Pola Pembelajaran Kelas Multikultur di Perguruan Tinggi Berbasis Agama (Studi Kasus di STIPAK Malang). SNHRP, 10–17. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/36