Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Memanfaatkan Google Sites Pada Materi IPA Bagian-Bagian Tumbuhan SD Kelas IV

Authors

  • Fika Anjani Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Achmad Fanani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wahyu Susiloningsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Bahan Ajar Berbasis Masalah, Google Sites, IPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kondisi yang masih pandemi saat ini yang mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah. Ada beberapa faktor yang membuat siswa kurang menarik untuk belajar yaitu, kurang minat belajar siswa yang semakin tinggi dan bahan ajar yang kurang menarik minat belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau yang biasa dikenal dengan Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap tetapi dibatasi sampai 3 tahap saja. Tahap tersebut meliputi: 1) tahap analysis; 2) tahap design; 3) tahap development. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, dapat diketauhi hasil validasi ahli materi dari 2 validator adalah 81,24 persen yang termasuk dalam kategori “Layak”. Sedangkan hasil validasi ahli bahasa dari 2 validator adalah 91,66 persen yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil validasi ahli media dari 2 validasi adalah 89,06 persen yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Evaluasi Hasil Pembelajaran SD Berbasis Kasus dan Data Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hasil Perkuliahan Mahasiswa PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Jurnal Inventa, 2(2), 91-96.

Fanani, A., Kusmaharti, D., Rosidah, C. T., & Susiloningsih, W. (2020). Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdikmas, 1(1), 33-37.

Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). PENGGUNAAN GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN SMP KELAS VIII SMPN 1 ASTAMBUL. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68-73.

Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Klaten: Lakeisha.

Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 53-57.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktek. Jakarta: Kencana.

Susiloningsih, W. (2015). pengembangan buku ajar IPS SD kelas V yang berorientasi pada pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) guna meningkatkan hasil belajar siswa SDN kandangan III Surabaya). Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 11(21).

Susiloningsih, W. (2020). Pendidikan karakter sekolah dasar di era new normal. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 199-205.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Putri, F. A., Fanani, A., & Susiloningsih, W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Memanfaatkan Google Sites Pada Materi IPA Bagian-Bagian Tumbuhan SD Kelas IV. SNHRP, 521–528. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/356