Prespektif Guru Pada Pendekatan Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Keaktifan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Atika Aulia Puspita Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dian Nurul Sholihatin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Alfi Fadhilatul fitri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ayu Retno Sari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Guru, Hybrid learning, covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prespektif Guru Pada Pendekatan Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Keaktifan Siswa Sekolah Dasar, dalam pembelajaran online selama periode pandemi Covid-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan pengumpulan angket yang disebarkan pada guru sekolah dasar di kota Surabaya dan Gresik, dengan melibatkan 15 guru sebagai responden. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada guru dengan menggunakan Platform Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan yang paling sering dialami oleh seorang guru adalah fasilitas dan jaringan internet. Belum semua guru memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran online, apalagi dengan jaringan internet yang buruk sehingga menyulitkan guru saat melakukan pembelajaran online yang harus selalu terkoneksi dengan internet. Selain penyampaian materi, guru dituntut lebih kreatif dalam menentukan proses pembelajaran agar tidak memicu kejenuhan dan kemalasan dalam proses pembelajaran online, disarankan  menerapkan model pembelajaran Hybrid Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Puspita, A. A., Sholihatin, D. N., fitri, A. F., & Sari, A. R. (2022). Prespektif Guru Pada Pendekatan Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Keaktifan Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 456–463. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/348