LKPD Gerak Parabola Inkuiri Terbimbing Menggunakan Software Tracker untuk Melatih Berpikir Kritis di Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Silvia Yuni Safitri Universitas Sebelas Maret
  • Fatimah Universitas Sebelas Maret
  • Ernawati Universitas Sebelas Maret

Keywords:

LKPD, inkuiri terbimbing, berpikir kritis, tracker, gerak parabola, COVID-19

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan gangguan besar terhadap sistem pendidikan, dimana pembelajaran dilaksanakan secara online termasuk praktikum fisika. Peran teknologi diperankan dalam mengatasinya dan tuntutan abad 21 salah satunya keterampilan berpikir kritis untuk dapat diterapkan di sekolah. Model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dimodifikasi secara online dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan kegiatan analisis menggunakan software Tracker dapat diterapkan untuk melaksanakan praktikum selama pandemi COVID-19. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan dan hasil validasi LKPD inkuiri terbimbing menggunakan software tracker untuk melatih berpikir kritis peserta didik pada gerak parabola di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Hasil validasi dari LKPD inkuiri terbimbing memberikan hasil sesuai harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Safitri, S. Y., Fatimah, F., & Ernawati, E. (2022). LKPD Gerak Parabola Inkuiri Terbimbing Menggunakan Software Tracker untuk Melatih Berpikir Kritis di Masa Pandemi COVID-19. SNHRP, 448–455. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/347