Pengembangan Pembelajaran Media Interaktif Menggunakan Visual Basic Application for PowerPoint untuk Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Listrik Arus Searah
Keywords:
media, interaktif, powerpoint, visual basic applicationAbstract
Ilustrasi Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Visual Basic Application (VBA) for PowerPoint untuk siswa fisika SMA pada materi listrik arus searah serta menguji kelayakannya melalui validasi ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media diperoleh presentase sebesar 71,1 persen dengan katagori sangat valid. Sedangkan, berdasarkan hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 73,1 persen dengan kategori valid. Rata-rata validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi diperoleh sebesar 72,1 persen dengan kategori valid. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan VBA PowerPoint untuk siswa fisika SMA pada materi listrik arus searah dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa kelas XII.
Downloads
References
Anggereni, S., Rismawati, & Ashar, H. (2019). Perbandingan Pengetahuan Prosedural Menggunakan Model Discovery Terbimbing dengan Model Inquiry Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 156–161.
Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Interactive learning media using VBA PowerPoint in group data presentation. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31.
Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Fitriani, N., Gunawan, & Sutrio. (2017). BERPIKIR KREATIF DALAM FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES ( CUPs ) BERBANTUAN LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, III(1), 24–33.
Kaniawati, I. (2017). Pengaruh Simulasi Komputer Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Impuls-Momentum Siswa SMA. Pembelajaran Sains, 1(1), 24–26. http://journal2.um.ac.id/index.php/
Oktaviawati, E., & Puspitasari, D. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA SEMESTER GENAP KELAS XII APK DI SMKN 1 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 64–70.
Ratnasari, D., Oktaviyanti, D., Sukmawati, S. S., & Setiyawati, E. (2020). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Program APPYPIE untuk Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 158. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.13149
Rohmah, R. N., Lesmono, A. D., & Harijanto, A. (2017). “Peran Pendidikan, Sains, dan Teknologi untuk Mengembangkan Budaya Ilmiah dan Inovasi terbarukan dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 2030” IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII MAN 1 JEMBER. 2(September), 2527–5917.
Sugiyono 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.