Pengembangan Pembelajaran Media Interaktif Menggunakan Visual Basic Application for PowerPoint untuk Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Listrik Arus Searah

Authors

  • Ernawati Universitas Sebelas Maret
  • Milania Abdiel Kristiana Universitas Sebelas Maret
  • Silvia Yuni Safitri Universitas Sebelas Maret

Keywords:

media, interaktif, powerpoint, visual basic application

Abstract

Ilustrasi Penelitian  pengembangan  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan  media  pembelajaran interaktif menggunakan Visual Basic Application (VBA) for PowerPoint  untuk siswa fisika SMA pada materi listrik arus searah serta menguji  kelayakannya melalui  validasi  ahli  media  dan  ahli  materi.  Berdasarkan  hasil validasi  dari  ahli  media diperoleh presentase sebesar 71,1 persen dengan katagori sangat valid. Sedangkan, berdasarkan hasil validasi  dari  ahli  materi diperoleh presentase sebesar 73,1 persen  dengan  kategori  valid.  Rata-rata validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi diperoleh sebesar 72,1 persen dengan kategori valid. Berdasarkan penilaian  yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan VBA PowerPoint  untuk siswa fisika SMA pada materi listrik arus searah dinyatakan layak digunakan sebagai media  pembelajaran fisika untuk siswa kelas XII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggereni, S., Rismawati, & Ashar, H. (2019). Perbandingan Pengetahuan Prosedural Menggunakan Model Discovery Terbimbing dengan Model Inquiry Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 156–161.

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Interactive learning media using VBA PowerPoint in group data presentation. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31.

Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108

Fitriani, N., Gunawan, & Sutrio. (2017). BERPIKIR KREATIF DALAM FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES ( CUPs ) BERBANTUAN LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, III(1), 24–33.

Kaniawati, I. (2017). Pengaruh Simulasi Komputer Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Impuls-Momentum Siswa SMA. Pembelajaran Sains, 1(1), 24–26. http://journal2.um.ac.id/index.php/

Oktaviawati, E., & Puspitasari, D. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA SEMESTER GENAP KELAS XII APK DI SMKN 1 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 64–70.

Ratnasari, D., Oktaviyanti, D., Sukmawati, S. S., & Setiyawati, E. (2020). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Program APPYPIE untuk Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 158. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.13149

Rohmah, R. N., Lesmono, A. D., & Harijanto, A. (2017). “Peran Pendidikan, Sains, dan Teknologi untuk Mengembangkan Budaya Ilmiah dan Inovasi terbarukan dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 2030” IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII MAN 1 JEMBER. 2(September), 2527–5917.

Sugiyono 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Ernawati, E., Kristiana, M. A., & Safitri, S. Y. (2022). Pengembangan Pembelajaran Media Interaktif Menggunakan Visual Basic Application for PowerPoint untuk Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Listrik Arus Searah. SNHRP, 440–447. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/346