Analisis Strategi Pemasaran Online Pada Penjualan Album K-Pop

Authors

  • Eva Purnamartha Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bela Asifa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ernawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bertalia Cicin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Album Kpop, Pemasaran, Strategi

Abstract

Penelitian ini menjelaskan strategi pemasaran secara online pada penjualan Album Kpop dan pengaruh kualitas album serta harga terhadap minat beli. Kpop sendiri memiliki beberapa generasi, dimana generasi 1 dihitung  dari tahun 1994-2002, Generasi 2 dihitung dari tahun 2003 sampai 2011, Sedangkan digenerasi 3 dari tahun 2012 sampai 2017 dan generasi 4 yang dari tahun 2018 sampai sekarang merupakan generasi yang paling populer dari dua generasi sebelumnya karena bisa melakukan promosi ke mancanegara dan bisa melakukan kolaborasi dengan artis Internasional. Di Indoneisa dalam beberapa tahun terakhir ini banyak masyarakat yang menggemari Kpop. Tak jarang dari mereka yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli merchandise idol yang mereka sukai seperti album musiknya bahkan untuk membeli tiket konsernya yang seharga jutaan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif yang bertujuan untuk mengkaji mengenai bagaimana strategi pemasaran album musik Kpop yang sedang trand di masa sekarang ini. Dari data penelitian tersebut meunjulkan bahwa tingkat penjualan album fisik Kpop semakin tinggi, pada tahun 2017 penjualan tidak sampai 20 juta sedangkan pada tahun 2020 bahkan mencapai 35 juta lebih. Hal inilah yang membuat para perusahaan berlomba-lomba untuk merilis dan memproduksi album musik yang sangat menarik agar para penggemarnya pun tertarik untuk membelinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Purnamartha, E., Asifa, B., Ernawati, E., & Cicin, B. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Online Pada Penjualan Album K-Pop. SNHRP, 417–424. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/337