Penggunaan Teknik Permainan Dalam Program Bimbingan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Permainan adalah suatu bentuk kegiatan bermain dan menjadi suatu bentuk hiburan yang memberikan kenikmatan bagi para pelakunya. Sebuah kegiatan permainan dilakukan secara sengaja untuk dapat menciptakan perubahan perilaku yang ingin dicapai dengan cara melakukan kegiatan dalam permainan dengan sungguh-sungguh. Program Bimbingan Karakter adalah program yang meliputi suatu proses pemberian bantuan konselor kepada individu (konseli) yang dilakukan secara berkesinambungan agar mampu memahami potensi diri dan lingkungannya, menerima diri, mengembangkan dirinya secara optimal, dan menyesuaikan diri secara positif dan konstruktif terhadap tuntutan norma kehidupan (agama dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh penggunaan teknik permainan dalam program bimbingan karakter dalam mengembangkan kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan teknik permainan dalam program bimbingan karakter dapat memberikan pengaruh yang signifikan dalam mengembangkan kemampuan siswa sekolah dasar.
Kata kunci : permainan, program bimbingan, karakter
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 SNHRP

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.