Penggunaan Teknik Permainan Dalam Program Bimbingan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Aniek Wirastania Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Permainan adalah suatu bentuk kegiatan bermain dan menjadi suatu bentuk hiburan yang memberikan kenikmatan bagi para pelakunya. Sebuah kegiatan permainan dilakukan secara sengaja untuk dapat menciptakan perubahan perilaku yang ingin dicapai dengan cara melakukan kegiatan dalam permainan dengan sungguh-sungguh. Program Bimbingan Karakter adalah program yang meliputi suatu proses pemberian bantuan  konselor kepada individu (konseli) yang dilakukan secara berkesinambungan  agar mampu  memahami potensi diri dan lingkungannya, menerima diri, mengembangkan dirinya secara optimal, dan menyesuaikan diri secara positif dan konstruktif terhadap tuntutan norma kehidupan (agama dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh penggunaan teknik permainan dalam program bimbingan karakter dalam mengembangkan kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan teknik permainan dalam program bimbingan karakter dapat memberikan pengaruh yang signifikan dalam mengembangkan kemampuan siswa sekolah dasar.

Kata kunci : permainan, program bimbingan, karakter

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Aniek Wirastania. (2021). Penggunaan Teknik Permainan Dalam Program Bimbingan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 18–23. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/33