Analisis Pengaruh Digital Marketing Tiktok Pada Trend Home Decor Terhadap Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Produk Ikea

Authors

  • Hanida Safitri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Safitri Citra Suharyani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Putri Nur Harisyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Siti Dwi Rahma Dita Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dewi Kusumawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

TikTok, Trend Home Décor, Produk IKEA

Abstract

TikTok merupakan sebuah aplikasi media sosial terbaru yang fokus utamanya pada konten video dengan fitur yang tersedia membuat video tersebut semakin menarik. Sehingga membuat TikTok sebagai aplikasi dengan rating terbaik di seluruh dunia. Dengan keunggulan tersebut banyak pengguna membuat konten mengenai Trend Home Décor yang membahas seputar perabot rumah, tidak hanya itu disini kita dapat melihat berbagai konsep minimalis yang disertai rekomendasi produk berkualitas, salah satu contoh produk berkualitas yang banyak direkomendasikan yaitu produk IKEA. Perusahaan IKEA sebagai salah satu perusahaan global yang produknya banyak diminati oleh setiap orang diberbagai negara, seperti meja, kursi, dan hiasan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan eksplorasi dengan pengumpulan data menggunakan kualitatif primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa konten Trend Home Décor dengan produk IKEA sangat tepat dan menjadi konten cukup banyak diminati. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan peneliti lain dapat mengadakan penelitian lanjutan dengan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anton, A. P. W. N., Mulyandi, M. R. M., & Randy, R. W. S. (2020). ANALISIS HUBUNGAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI IKEA INDONESIA. IKRA-ITH EKONOMIKA, 3(2), 30–35.

Brata, A. B. (2018). Analisis Strategi Integrated Marketing Communication IKEA Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Bidang Furniture dan Home Furnishings.

Fadhilah, F., & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 17(3), 505–512.

Hasibuan, E. S. (2011). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa. UNIMED.

Jauhari, M. N., & Purnaningrum, E. (2021). Pelatihan Bisnis Online Bagi Komunitas Disabilitas Dimasa Pandemi Covid-19. Kanigara, 1(2), 133–139.

Juliana, R., Surabaiarta, I. K., & Purnaningrum, E. (2021). PENGARUH KEMASAN & HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN COFFEE DI CAFE CYCLO SIDOARJO. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(1), 185–193.

Kemalawati, A. (2021). PENATAAN RUANG UNTUK RUMAH TINGGAL. Jurnal Abdimas Akademika, 2(01), 20–26.

Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL, 1(2), 75–82.

Novitasari, I., Surabagiarta, I. K., & Purnaningrum, E. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SEPATU PETER KEIZA DI MATAHARI DEPARTMENT STORE CITO SURABAYA. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 308–316.

Nur, C. (2018). PENGARUH TREN HOME DÉCOR DI INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK BERBAHAN SERAT ALAM. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 1, 427–433.

Oktavia, R. A. (2021). PEMANFAATAN DIGITAL CONTENT MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM PROSES PEMASARAN PRODUK. Technopreneuship.

Praditasetyo, D., & Saputri, M. E. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Indonesia. EProceedings of Management, 8(5).

Purnaningrum, E. (2018). PENGEMBANGAN PEMASARAN ONLINE DAN PENGEMASAN PRODUK BERPERAN TERHADAP HASIL DAYA JUAL. Jurnal Penamas Adi Buana, 2(1), 7–10.

Putra, I. G. W. S. C. (2021). EVALUASI PENGARUH PRODUCT QUALITY, PRODUCT INNOVATION DAN MARKETING PROMOTION TERHADAP BRAND IMAGE IKEA. Digismantech (Jurnal Program Studi Bisnis Digital), 1(1).

Rachmawati, D., & Ali, D. S. F. (2018). Analisis Kriteria Personal Branding Selebgram Non Selebriti (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram@ Lippielust). Jurnal Komunikasi, 12(1), 23–30.

Rosady, N., Suharyanti, S., & Anitawati, M. T. (2019). DAMPAK EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK IKEA. Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication, 9(2), 176–188.

Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207–214.

Sihura, A. S. N. (2021). Pengaruh Konten TikTok dr. Yessica Tania Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Wanita. Universitas Medan Area.

Surabagiarta, I. K., & Purnaningrum, E. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(2), 294–301.

Trisna, S. W. (2019). PENGARUH ISU GLOBAL LINGKUNGAN TERHADAP KARYA DESAIN INTERIOR. Jurnal Patra, 1(1), 1–6.

Triviananda, M. T. D. (2021). Comparative Demand Forecast Using Linear and Non Linear Model to Optimize Operational Performance in Furniture Retailer: A Study in IKEA Indonesia. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

VIRANTI, D. N. (2021). Pengaruh Pemasaran Konten Hiburan Tiktok Terhadap Niat Menggunakan Aplikasi Tiktok: Studi Muslim Generasi Z.

Wang, Y.-H., Gu, T.-J., & Wang, S.-Y. (2019). Causes and characteristics of short video platform internet community taking the TikTok short video application as an example. 2019 IEEE International Conference on Consumer Electronics-Taiwan (ICCE-TW), 1–2.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Safitri, H., Suharyani, S. C., Harisyah, P. N., Dita, S. D. R., & Kusumawati, D. (2022). Analisis Pengaruh Digital Marketing Tiktok Pada Trend Home Decor Terhadap Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Produk Ikea. SNHRP, 319–325. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/327