Akuntabilitas, Transparansi, Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Studi di Desa Toriyo Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo)

Authors

  • Faizah Millenia Cahyaningrum Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kurnia Rina Ariani Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan APBDes

Abstract

Prinsip akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan APBDes di Desa Toriyo Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Toriyo Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Desa, PTKD, dan masyarakat di Desa Toriyo.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Desa Toriyo telah menerapkan prinsip akuntabilitas untuk pelaporan dan pertanggungjawaban laporan realisasi pelaksanaan APBDes sesuai dengan Permendagri No. 113 Tahun 2014. Pemerintah Desa Toriyo juga secara transparan menyampaikan laporan realisasi APBDes kepada masyarakat melalui baliho infografis yang dipasang di depan Kantor Desa Toriyo. Dalam mewujudkan pembangunan desa dan pengelolaan APBDes yang baik, masyarakat di Desa Toriyo turut berpartisipasi bersama seluruh lembaga kemasyarakatan seperti BPD, PKK, dan Karang Taruna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dilago, R., Lumolos, J., & Waworundeng, W. (2018). Transparansi Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa di Desa Soatobaru Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Baru. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan.

Lutfi, M. I., Hasan, A., & Mutia, Y. (2018). Analisis Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa di Kecamatan Bengkalis. Jurnal Akuntansi, 29-41.

Manossoh, H., & Warongan, J. D. L. (2019). Analisis Pelaksanaan dan Pelaporan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa di Desa Bolangitang Kecamatan Bolaang Itang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal EMBA, 7(5), 3199–3208.

Mardiasmo. (2018). perwujudan Transparansi Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi. Yogyakarta: Andi.

Moleong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Paimin. (2022). Hasil Wawancara.

Purnomo, D. R. A. (2022). Hasil Wawancara.

Ramadanis., Ahyaruddin, M. (2019). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 9(1).

Setyawan, F. W. (2022). Hasil Wawancara.

Soetomo. (2008). Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soleh, Chabib dan Rochmansjah, Heru. (2015). Pengelolaan Keuangan Desa. Jatinangor: Fokus Media.

Sumaryadi, I.N. (2010). Sosiologi Pemerintahan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Supriyanto. (2022). Hasil Wawancara.

Waladi, K. (2022). Hasil Wawancara.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Cahyaningrum, F. M., & Ariani, K. R. (2022). Akuntabilitas, Transparansi, Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Studi di Desa Toriyo Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo). SNHRP, 300–308. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/325