Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Discovery terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas X SMA ITP Surabaya yang Memiliki Gaya Kognitif Berbeda
Abstract
Penelitian ini menguji pemanfaatan model pembelajaran dan gaya kognitif yang kadang terabaikan oleh guru dalam praktik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMA ITP Surabaya yang memiliki gaya kognitif berbeda. Rancangan penelitian mempergunakan Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik analisis (Anova 2 x 2). Sampel yang digunakan didalam penelitian berjumlah 74 siswa kelas X SMA ITP Surabaya. Analisis data yang telah dilaksanakan ditemukan 1) p-value sebesar 0,000 < dari tingkat signifikan (?) 0,05 hal ini memberikan arti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar PKn. 2) p-value sebesar 0,230 > dari tingkat signifikan (?) 0,05, yang artinya tidak ada pengaruh gaya kognitif yang berbeda terhadap hasil belajar PKn siswa. 3) p-value sebesar 0,508 > dari tingkat signifikan (?) 0,05 artinya tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran Discovery Learning dengan gaya kognitif berbeda terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMA ITP Surabaya.
Kata kunci : inkuiri, Discovery Learning, Hasil Belajar, gaya kognitif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 SNHRP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.