Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Discovery terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas X SMA ITP Surabaya yang Memiliki Gaya Kognitif Berbeda

Authors

  • I Wayan Arsana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suhartono Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini menguji pemanfaatan model pembelajaran dan gaya kognitif yang kadang terabaikan oleh guru dalam praktik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri  dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMA ITP Surabaya yang memiliki gaya kognitif berbeda. Rancangan penelitian mempergunakan Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik analisis (Anova 2 x 2). Sampel yang digunakan didalam penelitian berjumlah 74 siswa kelas X SMA ITP Surabaya. Analisis data yang telah dilaksanakan ditemukan 1) p-value sebesar 0,000 < dari tingkat signifikan (?) 0,05 hal ini memberikan arti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar PKn. 2) p-value sebesar 0,230 > dari tingkat signifikan (?) 0,05, yang artinya tidak ada pengaruh gaya kognitif yang berbeda  terhadap hasil belajar PKn siswa. 3) p-value sebesar 0,508 > dari tingkat signifikan (?) 0,05 artinya tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran Discovery Learning dengan gaya kognitif berbeda terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMA ITP Surabaya.

Kata kunci : inkuiri, Discovery Learning, Hasil Belajar, gaya kognitif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

I Wayan Arsana, & Suhartono. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Discovery terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas X SMA ITP Surabaya yang Memiliki Gaya Kognitif Berbeda. SNHRP, 497–507. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/32