Pengembangan Media Kuis Berbasis Mentimeter Pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Di Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
pengembangan, kuis, mentimeterAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media kuis yang terintegrasi dengan media pembelajaran berbasis elektronik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu media pembelajaran berbasis elektronik. Oleh karena itu, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pengembangan media kuis berbasis mentimeter pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 di kelas V Sekolah Dasar, dan (2) Mengetahui kelayakan pengembangan sebuah media kuis berbasis mentimeter. media kuis berbasis mentimeter dengan tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau biasa disebut Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini di adobsi model Borg & Gall oleh Sugiono dengan menggunakan 10 langkah. Namun dalam penelitian ini hanya menggunakan langkah pertama sampai kelima saja. Hal ini dikarenakan pengembangan media hanya sampai pada revisi dari para ahli validasi saja. Dari hasil validasi oleh validator, diperoleh kriteria layak oleh ahli dalam proses pengembangan dan kriteria sangat layak oleh ahli media pembelajaran, ahli bahasa, ahli soal kuis, dan ahli kelayakan produk. Jika dilihat dari tabel kriteria kelayakan produk yang diperoleh dari sumber skripsi Cahyani (2017) dapat disimpulkan bahwa media kuis berbasis mentimeter sangat layak untuk dikembangkan ke tahap selanjutnya.
Downloads
References
Ahyar, R. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI Al-Hikmah, Bandar Lampung. Skripsi.
Cahyani, E. M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema Energi dan Perubahannya pada Kurikulum 2013 Kelas III SDN Kebonsari 03 Sukun Malang. Skripsi.
Evelyn, A., & Ferryanto, C. (2016). Perancangan Brand Aktivasi dan Media Promosi untuk Aplikasi Undangan Pernikahan “Ourstories.” VICIDI, 6.
Fanny, A. M., Satianingsih, R., Rusminati, S. H., Fanani, A., & Prastyo, D. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 66-77.
Larassaty, A., Atnuri, A., & Fanani, A. (2020). PENERAPAN PARENTING SCHOOL UNTUK MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS KELAS 1 DI SD MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(4), 221-230.
Oktaviani, T., Sulistya Dewi, E. R., & . K. (2019). Penerapan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar Ilmu, 24(1). https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409
Putri, M. A. R. (2020). Analisis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Siswa Kelas VIIA SMP Tarakanita Magelang dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Segiempat Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Etnomatematika Tahun Ajar 2019/2020. In Engineering, Construction and Architectural Management. Skripsi. http://dx.doi.org/10.1016/j.jss.2014.12.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.03.034%0Ahttps://www.iiste.org/Journals/index.php/JPID/article/viewFile/19288/19711%0Ahttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.678.6911&rep=rep1&type=pdf
Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. In Antasari Press.
Rosidah, C. T., Sulistyawati, I., Fanani, A. A., & Pramulia, P. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pembelajaran Tematik Berbasis Tik: Ppm Bagi Guru Sd Hang Tuah X Sedati. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 660-666.
Rusman, D. K. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Mengembangkan Profesi Guru. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Susiloningsih, W. (2019). PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM ANALISIS MATERI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILLING YANG BERORIENTASI PADA PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBALAJARAN. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 53-61.
Susiloningsih, W. (2015). pengembangan buku ajar IPS SD kelas V yang berorientasi pada pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) guna meningkatkan hasil belajar siswa SDN kandangan III Surabaya). Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 11(21).
Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. In Seminar Nasional. Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Pare-Pare dengan Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.