Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Dengan Gaya Belajar Visual Di SDN Keboananom
Keywords:
literasi matematika, gaya belajar visualAbstract
Berdasarkan hasil tes PISA 2015 menunjukan bahwa kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi capaian kemampuan literasi matematika adalah gaya belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas V sekolah dasar dengan gaya belajar visual. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek diperoleh melalui angket gaya belajar, sehingga terpilihlah salah satu siswa yaitu siswa 1 (S1) kelas V dengan gaya belajar visual. Data penelitian diperoleh melalui metode tes dan wawancara. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa 1 (S1) sudah mampu melakukan prosedur dengan berurutan dan tepat, menerapkan strategi sederhana untuk memecahkan masalah serta menyelesaikan strategi sederhana dengan tepat, namun dalam menyimpulkan dan memberikan alasan kurang tepat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.