Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Dengan Gaya Belajar Visual Di SDN Keboananom

Authors

  • Fitri Dwi Resza Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bahauddin Azmy Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Via Yustitia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

literasi matematika, gaya belajar visual

Abstract

Berdasarkan hasil tes PISA 2015 menunjukan bahwa kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi capaian kemampuan literasi matematika adalah gaya belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas V sekolah dasar dengan gaya belajar visual. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek diperoleh melalui angket gaya belajar, sehingga terpilihlah salah satu siswa yaitu siswa 1 (S1) kelas V dengan gaya belajar visual. Data penelitian diperoleh melalui metode tes dan wawancara. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa 1 (S1) sudah mampu melakukan prosedur dengan berurutan dan tepat, menerapkan strategi sederhana untuk memecahkan masalah serta menyelesaikan strategi sederhana dengan tepat, namun dalam menyimpulkan dan memberikan alasan kurang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Resza, F. D., Azmy, B., & Yustitia, V. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Dengan Gaya Belajar Visual Di SDN Keboananom. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 231–240. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/318