Media Komik Digital Dan Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Asiqotul Khusniyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bahauddin Azmy Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Via Yustitia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Komik digital, Keterampilan bercerita

Abstract

Keterampilan bercerita harus dimiliki oleh setiap individu. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang kurang percaya diri ketika bercerita di depan banyak orang dikarenakan perasaan takut atau malu dengan penggunaan kata dan kalimat yang tidak tepat. Keterampilan tersebut dapat dikembangkan melalui media komik digital sehingga siswa dituntut untuk aktif dalam keterampilan bercerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media komik digital terhadap keterampilan mendongeng siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo yang berjumlah 72 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas C dan B dengan jumlah siswa 46 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data uji normalitas, uji homogenitas dan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media komik digital terhadap keterampilan bercerita siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Astiar, F. A., & Satianingsih, R. (2020). ‘’Students’speaking Skills Through Project Based Learning At Elementary Schools. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar’’, 9(5), 672-679.

Azmy, B., Juniarso, T., & Setiawan, B. (2022). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis IT: PPM Bagi Guru SDN Sumur Welut III/440 Surabaya. Kanigara, 2(1), 8-15.

Fanny, A. M. (2019, March). ‘’Analysis Of Pedagogical Skills And Readiness Of Elementary School Teachers In Support Of The Implementation Of The 2013 Curriculum’’. In International Conference on Bussiness Law and Pedagogy (Vol. 1, No. 1, pp. 59-63).

Juniarso, T., Azmy, B., Rosidah, C. T., & Setiawan, B. (2020). Pelatihan penyusunan proposal classroom based action research bagi guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 665-671.

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. 2018. ''Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember''. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial. Vol. 12 No. 1, pp. 135–136.

Purnama, U. B., Mulyoto, & Ardianto, D. T. 2015. ''Penggunaan media komik digital dan gambar pengaruhnya terhadap prestasi belajar IPA ditinjau dari minat belajar siswa''. Teknodika. Vol. 13 No. 2, p. 22.

Rahmah. 2016. ''Melalui Penggunaan Media Gambar Tentang Kegiatan Sehari-Hari Di Sdn Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur Rahmah Abstrak'' .jurnal pendidikan. p. 2.

Saputra, N., Tobing, M. T., & Ili, L. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Aktivitas Belajar Siswa SD Di Masa Covid-19. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 911-920.

Setiawan, E. 2013. Peningkatan Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Komik Strip Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas Ii Mi Rifaiyah Limpung Batang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Setiawan, B., Fanani, A., Wardani, I. S., & Triman Juniarso, M. P. (2022). ILMU ALAMIAH DASAR. CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Yandari, I. A. V., & Kuswaty, M. 2017. ''Penggunaan Media Monopoli Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar''. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 3 No. 1, p. 10.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Khusniyah, A., Azmy, B., & Yustitia, V. (2022). Media Komik Digital Dan Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. SNHRP, 222–230. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/317