Aplikasi TEAMS : Efektivitas dalam peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

Authors

  • Rheina Tisyah Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tasya Pramesti Regita Permata Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ajeng Kinanti Anastasia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Eldine Salsabilla Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Windu Tri Indraswara Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Gideon Three Wijaya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Teams, Peningkatan Motivasi Siswa, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas aplikasi Microsoft Teams yang digunakan dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan minat belajar siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran daring media atau aplikasi belajar mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan minat belajar siswa. Aplikasi belajar menjadi salah satu media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dimasa pandemi saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan metode kuesioner sebagai tahapan dalam melakukan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian 10 persen siswa merasa ragu-ragu bahwa teams dapat membantunya dalam pembelajaran dan 12 persen siswa sama sekali tidak merasa terbantu dengan adanya microsoft temas ini dalam pembelajaran. Hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti sebesar 42.60 persen lebih suka pembelajaran tanpa menggunakan microsoft teams. kondisi yang ada dilapangan dapat terjadi pada siswa yang belum dapat menyesuaikan dirinya pada pembelajaran yang menggunakan media microsoft teams.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajriani, Yulizar, Syaiful Bahri, A. B. (2020). PENYESUAIAN DIRI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar.

Fajriani, Yulizar, Syaiful Bahri, A. B. (2020). PENYESUAIAN DIRI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar.

Fauziatun, N. (2021). Implementasi Microsoft Teams for Education. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Hasan, S. A., & Handayani, M. M. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi. Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, 3(2), 128–135.

Maryam, R. &. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Lampu Otomatis Terhadap Hasil dan Motivasi Pada Mata Kuliah Fisika Listrik. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA.

Mat, M. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang. Thesis, 38–78. Kurikulum Pendidikan Agama Islam; Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)

Sd, G., & Tuah, H. (2021). MANGGALI. 1, 137–149.

Sari, Y., Yustiana, S., Fironika, R., Ulia, N., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). The Design of Religious Value-Based Teaching Materials in Increasing Students’ Learning Achievement Elementary School. Jurnal Basicedu, 6(1), 1137-1144.

Setiawan, B., Juniarso, T., Fanani, A., & Iasha, V. (2020). Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 230-236.

Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 46-57.

Setiawan, B., Apri Irianto, S. H., & Rusminati, S. H. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD. CV Pena Persada.

Setiawan, B., Fanani, A., Wardani, I. S., & Triman Juniarso, M. P. (2022). ILMU ALAMIAH DASAR. CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Setiawan, B., Juniarso, T., Fanani, A., & Iasha, V. (2020). Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 230–236.

Setiawan, B., RD Septianto, D. Suhendra, and F. Iskandar. 2017. “M easurement of 3 - Axis Magnetic Fields Induced by Current Wires Using a Smartphone in Magnetostatics Experiments.” Physics Education 52(6):065011. doi: 10.1088/1361 - 6552/aa83e3.

Stoetzel, Lindsay, and Stephanie Shedrow. 2020. “Coaching Our Coaches: How Online Learning Can Address the Gap in Preparing K -12 Instructional Coaches.” Teaching and Teacher Education 88:102959. doi: https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102959.

UNICEF. (2020). COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. Journal of Education, Pshycology and Counseling, 2(April), 1–12. www.unicef.org

Wirza, M. (2021). Penggunaan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bukittinggi. Kronologi.Ppj.Unp.Ac.Id.

Yetti, E., Syarah, E. S., Pramitasari, M., Iasha, V., & Setiawan, B. (2021). The Influence of Dance Instructional Strategy and Teacher's Pedagogy Competence on Classroom Climate. Ilkogretim Online, 20(1).

Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371-371.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Putri, R. T., Permata, T. P. R., Anastasia, A. K., Putri, E. S., Indraswara, W. T., & Wijaya, G. T. (2022). Aplikasi TEAMS : Efektivitas dalam peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. SNHRP, 4, 215–221. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/316