Pengaruh Kurangnya Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Anak Pada Masa Pembelajaran Daring

Authors

  • Etie Rahayu Ningsih Universitas Sebelas Maret
  • Halimatush Sholihah Tri Utari Universitas Sebelas Maret
  • Laeli Fauziyah Hasna Universitas Sebelas Maret

Keywords:

pembelajaran daring, gadget, perilaku anak

Abstract

Pandemi Covid-19 berimbas kepada dunia pendidikan yakni diberlakukannya pembelajaran daring untuk anak. Penggunaan gadget tanpa pengawasan orang tua saat pembelajaran daring mengakibatkan konsentrasi anak menjadi berkurang. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh kurangnya pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget pada anak ketika pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode pendekatan kajian pustaka atau literature review. Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa pengawasan orang tua terhadap anak dalam menggunakan gadget saat pembelajaran daring sangat diperlukan. Pengawasan tersebut berfungsi untuk meminimalisasi dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget, seperti kecanduan dan memiliki sikap pemberontak dengan meningkatnya emosional pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Ningsih, E. R., Utari, H. S. T., & Hasna, L. F. (2022). Pengaruh Kurangnya Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Anak Pada Masa Pembelajaran Daring. SNHRP, 208–214. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/315