Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Sosiologi Di SMA ST.Fransiskus Ruteng - Nusa Tenggara Timur
Keywords:
modul elektronik, pembelajaran kontekstual, sosiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan pengembangan modul elektronik (e-modul) sosiologi berbasis kontekstual untuk siswa kelas XI SMA St. Fransiskus Ruteng-Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis pelaksanaan pembelajaran kontekstual di kelas dan kebutuhan siswa dalam pengembangan e-modul. Pelaksanaan pembelajaran berbasis konteks diteliti berdasarkan lima karakter pembelajaran kontekstual, yaitu real world learning, student centered, meaningful learning, learning not teaching dan problem solving and high order thinking. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner yang melibatkan 100 siswa kelas XI SMA St. Fransiskus Ruteng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa indikator karakter pembelajaran kontekstual belum dilaksanakan secara optimal yakni penggunaan komponen multimedia, diskusi dan kerja kelompok, refleksi, problem solving serta penggunaan contoh berbasis konteks; selain itu sebagian besar siswa tertarik dan membutuhkan e-modul sosiologi berbasis kontekstual untuk belajar. E-modul sosiologi membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep sosiologi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.