Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rizlaili Istiqomah Universitas Sebelas Maret
  • Kristiani Universitas Sebelas Maret
  • Leny Noviani Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Pembelajaran daring, literasi digital, teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat berbagai aspek kehidupan mengalami perubahan termasuk pada aspek pendidikan. Dunia pendidikan selalu mengalami perubahan dengan mengikuti berbagai perkembangan yang ada. Saat ini, dunia sedang mengalami masa pandemik covid-19 yang membuat proses pembelajaran tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring. Kegiatan pembelajaran daring yang dilaksanakan secara mendadak membuat kesiapan para guru dan siswa sangat kurang. Selain itu kemampuan terhadap penguasaan teknologi belum sepenuhnya menguasai dan perlunya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan pemahaman terhadap teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang literasi digital dalam pembelajaran daring yang dilaksanakan pada masa pandemik covid-19. Penelitian ini merupakan library research dengan teknik studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital merupakan suatu keterampilan ataupun kemampuan yang dimiliki untuk dapat menggunakan teknologi serta mampu mengelola setiap informasi dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran daring dan teknologi tidak dapat dipisahkan. Kemampuan literasi digital sebagai acuan untuk dapat memahami, mengelola dan menggunakan informasi serta mampu mengkomunikasikan secara efektif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chalim, S., & Anwas, E. (2018). Jurnal Penyuluhan, Maret 2018 Vol. 14 No. 1 Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. 14(1), 33–42.

Damhuri, E. (2017). Tantangan Guru di Era Digital. Republika.co.id. diakses dari https://republika.co.id/berita/oxot2l440/tantangan-guru-di-era-digital.

Dinata, K. B. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA COVID-19 proses Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Dampak yang mandiri . Salah satu kemampuan yang berperan cukup penting dalam memfasilitasi. 19, 105–119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.

Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138.

Gilster, P. (2012). Digital Literacy”, dalam Riel, J., Christian, S., & Hinson, B., Charting Digital Literacy: A FrameworkFor Information Technology and Digital Skills Education in The Community College. Presentado en Innovations.

Jamaludin, G. M., Araniri, N., & Nahriyah, S. (2021). Meningkatkan Literasi Digital bagi Guru dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Covid 19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 714–718. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1193

Kahfi, A. (2020). TANTANGAN DAN HARAPAN. 03(2), 137–154.

Sormin, S. ., Siregar, A. ., & Priyono, C. . (2017). KONSEPSI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI ERA DISRUPTIF Salman Alparis Sormin, Ali Padang Siregar, Cipto Duwi Priyono. 647–662.

Suherdi, D., Rezki, S.F., Apdila, D., Sinuraya, J., Sahputra, A. Syahputra, D., & Wahyuni, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemik. Cattleya Darmaya Fortuna.

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Conference Series Journal, 1(1), 1–7. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14284

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). MANFAAT LITERASI DIGITAL BAGI MASYARAKAT DAN SEKTOR PENDIDIKAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19. 3(2), 65–80.

Syaifuddin, M., Ummam, A. W., & Sm, B. (2022). Penyuluhan Penerapan Literasi Digital Bagi Siswa dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. 2(1), 1–6. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i1.195

Syarifah, I. L., Raharani, F. A., Izzah, N., Mukarromah, S., Yulianti, Y., Geografi, P. P., Sosial, F. I., Semarang, U. N., Matematika, P. P., Semarang, U. N., Semarang, U. N., Biologi, P., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2021). Pentingnya Literasi Digital di Era Pandemi. 1(2), 162–168.

UNESCO. (2011). UNESCO Institute for Information Technologies in Education. May.

Wright, B. (2012). Top 10 Benefit of Digital Literacy: Why You Should Care About Technology. Diakses melalui https://webpercent.wordpress.com/2012/06/16/top-10-benefits-of-digital-literacy/.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Istiqomah, R., Kristiani, K., & Noviani, L. (2022). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. SNHRP, 139–144. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/304