Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Bangkalan

Authors

  • Ferry Arif Setiawan Pratama Universitas Trunojoyo Madura
  • Ana Naimatul Jannah Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

kearifan lokal, media pembelajaran, komik

Abstract

Kearifan lokal sebagai local knowledge yang perlu ditanamkan pada siswa sekolah dasar agar dapat mempersiapkan generasi yang mampu adaptif dalam menyikapi budaya dan permasalahan di lingkungan tempat tinggal. Adat kebiasaan, bahasa daerah, upacara adat, pakaian, pepatah, semboyan, hingga arsitektur merupakan bentuk kearifan lokal lain yang perlu dilestarikan oleh generasi muda. Akan tetapi saat ini anak-anak muda mulai meninggalkan penggunaan bahasa daerah atau bahkan tidak dapat menggunakannya secara maksimal seperti dalam penggunaan dialek Bangkalan, bahkan wawasan budaya lokal siswa masih minim di sekolah. Salah satu literasi yang membahas tentang kearifan lokal yaitu literasi budaya dan kewarganegaraan yang berarti kegiatan baca-tulis, kegiatan melibatkan keterampilan seseorang dalam konteks budaya dan kewaganegaraan. Tujuan artikel ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media komik berbasis kearifan lokal Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan melalui hasil wawancara dan hasil analisis angket kebutuhan belajar siswa. Data hasil analisis menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media yang mampu memberikan daya tarik untuk membaca, menggunakan bahasa, kongkret, mengatasi keterbatasan pengamatan, mempermudah penyajian informasi tentang budaya lokal yang dapat digunakan dimanapun dalam bentuk media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abroriy, D. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesian Journal Of Mathematics and Natural Science Education, 186.

Afandi, Muhammad. (2011). Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Umum. Bandung: Alfabeta

Al-Farizi, W. (2017). Revitalisasi Tokoh Sakera dari Madura Sebagai Ide Penciptaan Komik. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Ananda, R. (2018). Pembelajaran Terpadu. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Batubara, H (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing

Caronika, E. S. at. all (2018) Gambaran Kearifan Lokal Masyarakat Madura Dalam Novel "KALOMPANG" Karya Badrul Munir Chair.Ekspolrasi Bahasa, Sastra, Budaya Jawa Timuran. PS PBSI FKIP Universitas Jember

Cholifah, T. N. (2019). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Malang Selatan. Malang: Media Nusa Creative.

Effendy, M. H. (2016). Potret Implementasi Muatan Lokal Bahasa Madura pada Madrasah di Pesantren. Tadris Vol 2(1), 150.

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hendriyani, Y. (2018: 86). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 86.

Kuswanto, E. (2019: 11). Dasar Desain Grafis (C2) Kelas X. Malang: PT Kuantum Buku Sejahtera.

Maulidina, H. (2019). UPACARA ROKAT TASE’ MASYARAKAT KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN 2000-2014. AVATA RA, e-Journal Pendidikan Sejarah.

Panjaitan, Ruqiah Ganda Putri. (2016) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIK BILINGUAL SUB MATERI SALURAN DAN KELENCAR PENCERNAAN, Unnes Science Education Journal. h. 1379-1387

Prayitno, A. H. (2017). Seni Budaya dan Prakarya. Surakarta: CV Mediatama.

Rozie, F. (2019). Bahan Aja Mata Kuliah Komputer Pembelajaranr. Batu: Literasi Nusantara.

Salam, Sofyan, dkk. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penernit UNM

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Wulandari, Lutfiana Sri Wahyu (2020). POTENSI KABUPATEN BANGKALAN SEBAGAI PUSAT PARIWISATA PULAU MADURA YANG MEMILIKI POSISI STRATEGIS DAN BENTANG ALAM YANG KARLS YANG INDAH. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Pratama, F. A. . S., & Jannah, A. N. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Bangkalan. SNHRP, 98–106. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/300