Mengukur Efektifitas Promosi Berbasis Omnichannel pada Ritel Digital

Authors

  • Purwanto Departemen Manajemen, Universitas WR. Supratman Surabaya
  • Lulus Margiati Departemen Manajemen, Universitas WR. Supratman Surabaya
  • Kuswandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardika Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji efektifitas promosi berbasis saluran omnichannel terhadap perilaku pembelian dan brand image dengan memanfaatkan jejak belanja digital konsumen. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan rancangan 2 X 2 yang melibatkan 497 responden.  peneleti menguji efek promosi berbasis omnichannel (misalnya, menggunakan jejak belanja digital untuk menawarkan promosi saat konsumen memasuki toko konvensional) dalam dua kategori produk berbeda (utilitarian vs. hedonis). Hasilnya menunjukkan bahwa peritel mendapatkan manfaat dari menggunakan jejak belanja digital karena meningkatkan pembelian dan meningkatkan brand image. Pengaruh tersebut dimoderasi oleh kategori produk utilitarian dan hedonis.

Kata kunci: Omnichannel, perilaku pembelian, brand image, jejak digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Purwanto, Lulus Margiati, & Kuswandi. (2021). Mengukur Efektifitas Promosi Berbasis Omnichannel pada Ritel Digital. SNHRP, 74–87. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/30