Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Video Dalam Mata Kuliah Praktik Bordir Di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords:
Media Pembelajaran, Video Tutorial, Praktik Teknologi BordirAbstract
Pembelajaran mata kuliah praktik, dosen memberikan penjelasan pada setiap awal pelajaran kepada mahasiswa dan mempelajari modul secara individu ataupun dengan berdiskusi. Melalui pembelajaran seperti itu beberapa mahasiswa merasa kurang memahami mata kuliah praktik. Berdasarkan observasi awal mata kuliah praktik teknologi border di PVKK Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Masih banyak ditemukan mahasiwa yang masih banyak belum memahami tentang mata kuliah praktik teknologi border apalagi dalam kondisi pandemik seperti ini mata kuliah praktik sangat terkendala. Pengembangan media pembelajaran bahasa Indonesia dengan berbasis video pada mahasiswa Unipa Surabaya dalam mata kuliah praktik teknologi border dapat ditingkatkan. Berdasarkan ini untuk meningkatkan pembelajaran dosen menggunakan media ajar berbasis vidieo tutorial dengan pengunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriftif kuantitatif dengan teknik analisis data prosentase yang bertujuan mendiskripsikan angka yang ditemukan pada hasil UTS, UAS dan nilai tugas dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, Wawancara dan hasil tes evaluasi dan sampel diambil 22 mahasiswa Progdi PVKK tata busana angkatan 2020. Terbukti hasil dari 22 mahasiswa PVKK progdi tata busana angkatan 2020 Unipa Surabaya nilainya UTS 95 persen sangat baik, nilai tugas juga menujukan 98 persen dari mahasiswa hasilnya sangat baik dan pada nilai akhir semester (UAS) nilainya 99 persen baik dan lulus 100 persen. Jadi metode pembelajararan praktik mengunakan metode tutorial mengunakan video sangat efektif dan baik dilihat dari hasil belajar mahasiswa sangat baik dan sangat membantu dalam mata kuliah praktik teknologi border.
Downloads
References
Agus Suprijono. (2015). CooperativeLearning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Anita Lie. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learningdi. Ruang-RuangKelas. Jakarta: Grasindo.
Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi.
Aksara Arief S.,Sadiman,dkk. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran (Rev.ed). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Cheppy Riana. 2017. Karatristik Media Video Pembelajaran Berbasis Video. Surakarta: Lasada.
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakrta: Gramedia Pustaka Utama.
Slavin, E.Roberts. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik Cetakan VIII. Bandung: Nusa Media.
Singger Sewing MachinC. 1941. Singer Instruction For Art Embroidery and Lace Work. NewYork: Amerika Serikat.
Sulistiam. 2020. Buku Ajar Teknologi Bordir. Surabaya: PVKK UNIPA Surabaya Tasai,S. dan Abdul Razak Zaidan.2014. Praktik. Tanggerang: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.