Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Video Dalam Mata Kuliah Praktik Bordir Di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Authors

  • Sri Budi Astuti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sulistiami Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wahju Bandjarjani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Tutorial, Praktik Teknologi Bordir

Abstract

Pembelajaran mata kuliah praktik, dosen memberikan penjelasan pada setiap awal pelajaran kepada mahasiswa dan mempelajari modul secara individu ataupun dengan berdiskusi. Melalui pembelajaran seperti itu beberapa mahasiswa merasa kurang memahami mata kuliah praktik. Berdasarkan observasi awal mata kuliah praktik teknologi border di PVKK Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Masih banyak ditemukan mahasiwa yang masih banyak belum memahami tentang mata kuliah praktik teknologi border apalagi dalam kondisi pandemik seperti ini mata kuliah praktik sangat terkendala. Pengembangan media pembelajaran bahasa Indonesia dengan berbasis video pada mahasiswa Unipa Surabaya dalam mata kuliah praktik teknologi border dapat ditingkatkan. Berdasarkan ini untuk meningkatkan pembelajaran dosen menggunakan media ajar berbasis vidieo tutorial dengan pengunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriftif kuantitatif dengan teknik analisis data prosentase yang bertujuan mendiskripsikan angka  yang ditemukan pada hasil UTS, UAS dan nilai tugas dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, Wawancara dan hasil tes evaluasi dan sampel diambil 22 mahasiswa Progdi PVKK tata busana angkatan 2020. Terbukti hasil dari 22 mahasiswa PVKK progdi tata busana angkatan 2020 Unipa Surabaya  nilainya UTS  95 persen sangat baik, nilai tugas juga menujukan 98 persen dari mahasiswa hasilnya sangat baik dan pada nilai akhir semester (UAS) nilainya 99 persen baik dan lulus 100 persen. Jadi metode pembelajararan praktik mengunakan metode tutorial  mengunakan video sangat efektif dan baik dilihat dari hasil belajar mahasiswa sangat baik dan sangat membantu dalam mata kuliah praktik teknologi border.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. (2015). CooperativeLearning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learningdi. Ruang-RuangKelas. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi.

Aksara Arief S.,Sadiman,dkk. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran (Rev.ed). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Cheppy Riana. 2017. Karatristik Media Video Pembelajaran Berbasis Video. Surakarta: Lasada.

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakrta: Gramedia Pustaka Utama.

Slavin, E.Roberts. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik Cetakan VIII. Bandung: Nusa Media.

Singger Sewing MachinC. 1941. Singer Instruction For Art Embroidery and Lace Work. NewYork: Amerika Serikat.

Sulistiam. 2020. Buku Ajar Teknologi Bordir. Surabaya: PVKK UNIPA Surabaya Tasai,S. dan Abdul Razak Zaidan.2014. Praktik. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Astuti, S. B., Sulistiami, S., & Bandjarjani, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Video Dalam Mata Kuliah Praktik Bordir Di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya . SNHRP, 85–90. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/298