Rancangan Pengembangan Soal AKM Fisika Materi Fluida Statis dan Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran

Authors

  • Aprilia Maorin Universitas Sebelas Maret
  • Atika Sella Wulandari Pasha Universitas Sebelas Maret
  • Cyndi Rachmatika Ananda Universitas Sebelas Maret

Keywords:

soal AKM, Quizizz, fluida statis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan rancangan soal AKM fisika pada materi fluida statis dan pemanfaatan Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran.  Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan model 4D-Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: define, design, develop, dan disseminate yang dibatasi hanya sampai tahap develop. Validitas rancangan soal AKM fisika pada materi fluida statis dan pemanfaatan Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran, dilakukan oleh alumni Pendidikan Fisika UNS sebagai ahli penilaian instrumen soal fisika dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli penilaian instrumen soal fisika fisika diperoleh hasil 98,58 persen dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil 81,21 persen dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa rancangan soal AKM Fisika materi fluida statis dan pemanfaatan Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran, telah memenuhi kriteria sangat valid dan dapat diuji kelayakannya pada proses pembelajaran fisika di SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhamidy, Hakim. Soal Fisika Kelas 11 Materi Fluida Statis dan Pembahasannya

https://filosofiberselimutmatematika.blogspot.com/2019/11/soal-fisika-kelas-materi-fluida-statis-dan- pembahasannya.html?m=1 (diakses pada 29 Juni 2021)

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter kreatif di sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29.

Chotimah, K. (2018). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Melalui E-Learning Di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia. 29–30.

Direktorat Sekolah Dasar. Mengenal Lebih Dekat Soal AKM Sekolah Dasar. ditpsd.kemdikbud.go.id. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/mengenal-lebih-dekat-bentuk-soal-asesmen-kompetensi- minimum-akm-sekolah-dasar (diakses 28 Juni 2021)

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575.Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575.

Pertiwi, C. M., Muliyati, D., & Serevina, V. (2016). Rancangan Tes dan Evaluasi Fisika yang Informatif dan Komunikatif pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 81–88. https://doi.org/10.21009/1.02112.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Asesmen Kompetensi Minimum. kemdikbud.go.id. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm (diakses 28 Juni 2021)

Resti, Y., Zulkarnain, Z., Astuti, A., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu Ii Palembang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 670-673.

Safitri, D., & Putra, Z. F. F. (2019). Pemberdayan Kelompok Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Quizizz. Prosiding Pengabdian, 1(1), 1-6.

Setyorini, U., S.E. Sukiswo., dan B. Subali. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 : 52-5

Sugian Noor. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., ... & Widarti, H. R. (2021). ANALISIS KESIAPAN PESERTA DIDIK DAN GURU PADA ASESMEN NASIONAL (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM, SURVEY KARAKTER, DAN SURVEY LINGKUNGAN BELAJAR. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61-71.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Maorin, A., Pasha, A. S. W., & Ananda, C. R. (2022). Rancangan Pengembangan Soal AKM Fisika Materi Fluida Statis dan Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran . SNHRP, 77–84. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/297