Analisis Pengambilan Keputusan Saham Dengan Metode Decision Analysis Pada Investasi Saham PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.

Authors

  • Muchammad Khoiful Abdi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Chusnul Nur Farida Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Diah Ayu Ramadhanik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bonita Leny Anifa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Andika Devit Cahyono Putra Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Harga Saham Syariah, Net Profit Margin, Earning Pershare, Linear Ganda

Abstract

Sebagaimana kita ketahui bahwa kepemilikan saham menjadi bukti bahwa yang bersangkutan adalah bagian dari pemilik perusahaan. Semakin besar saham yang dimilikinya, semakin besar pula kekuasaannya di perusahaan tersebut. Ada pula faktor utama yang menyebabkan harga saham berubah adalah adanya persepsi yang berbeda dari masing-masing investor sesuai dengan informasi yang dimiliki Persepsi yang berbeda-beda ini terjadi karena perbedaan analisis yang digunakan oleh investor. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembalian yang diharapkan tertinggi diperoleh dari peningkatan aset dan terendah dari layanan perhotelan dan infrastruktur. Pada alpha 5 persen kami menemukan bahwa portofolio properti dan keberlanjutan dipengaruhi oleh ukuran perusahaan. Persediaan properti dan properti investasi berhubungan positif dan signifikan dengan kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa fundamental analisis dan prediksi perusahaan terhadap pengambilan keputusan untuk berinvestasi pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dalam era industi 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi Linear berganda, dan uji hipotesis. Sampel pada penelitian ini yaitu Laporan Keuangan Perusahaan PT. Indofood CBP Sukses Makmur tahun 2015-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Hasil penelitian Menunjukkan bahwa secara parsial Net Profit Margin berpengaruh sebesar 1,697 Dengan tingkat signifikan yang diperoleh sebesar 0,049 terhadap Harga Saham Syariah. Dan Earning PerShare tidak memiliki pengaruh dengan nilai sebesar 0,606 dengan tingkat signifikan yang diperoleh sebesar 0,547 terhadap Harga Saham Syariah. Secara simultan Net Profit Margin dan Earning Pershare Berpengaruh terhadap Harga Saham Syariah sebesar 31,222 dengan tingkat Signifikan sebesar 0,000. Sedangkan dari hasil koefisien determinan (R2) Menunjukkan pengaruh Net Profit Margin dan Earning Pershare berpengaruh sebesar 0,016 persen terhadap pengungkapan. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 16 persen Pengungkapan dipengaruhi oleh Net Profit Margin dan Earning Pershare. Sedangkan sisanya sebesar 84 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti Dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Abdi, M. K., Farida, C. N., Ramadhanik, D. A., Anifa, B. L., & Putra, A. D. C. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Saham Dengan Metode Decision Analysis Pada Investasi Saham PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. SNHRP, 68–76. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/296