Inovasi Desain Kelas Berbasis Budaya Menggunakan Teknik Transfer Paper Bagi Guru PAUD
Abstract
Desain ruang kelas yang sesuai dengan karakter budaya Indonesia akan memberikan pengalaman kepada para siswa secara nyata akan keragaman budaya Indonesia. Mitra pada program pengabdian ini adalah lembaga pendidikan non formal yaitu PAUD KB Ari-Ari. Lokasi mitra terletak di Desa Sukosono, Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi kepada mitra, ada banyak persoalan yang melingkupi lembaga tersebut, yaitu; (1) Kurangnya SDM guru dalam memfasilitasi kegiatan yang dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap budaya Indonesia; (2) Kurangnya inovasi dan kreatifitas guru dalam mendesain ruang kelas berbasis budaya; (3) Tidak ada sarana dan prasarana yang mendukung dalam menciptakan lingkungan belajar yang dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap warisan budaya Indonesia; dan (4) kurang kreatifnya guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap budaya Indonesia. Adapun metode pelaksanakan program ini terdiri dari beberapa tahap yaitu : (1) Sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya desain kelas berbasis budaya; (2) pendampingan membuat desain kelas berbasis budaya dengan menggunakan teknik transfer paper ; dan (3) monitoring dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa mitra dapat membuat desain kelas berbasis budaya. Adapun hasil angket mitra tentang evaluasi program menunjukkan rata-rata score 3,8 dengan arti baik.
Kata kunci : desain kelas, budaya indonesia, anak usia dini, teknik transfer paper
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 SNHRP

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.