Pentingnya Self-Regulated Learning pada Mahasiswa

Authors

  • Cindy Asli Pravesti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Elia Firda Mufidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dimas Ardika Miftah Farid Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Maghfirotul Lathifah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

kepentingan, self-regulated learning, mahasiswa

Abstract

Pengaturan belajar mahasiswa (self-regulated learning) merupakan komponen dalam pemaknaan proses belajar. Sehingga, terkait hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-regulated learning pada mahasiwa. Adapun rancangan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 300 partisipan, dengan laki-laki berjumlah 75 partisipan dan perempuan 225 partisipan. Alat ukur yang digunakan ialah skala self-regulated learning. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test serta dilakukan uji asumsi terlebih dahulu. Adapun hasil analisis penelitian dinyatakan H0 diterima yang berarti bahwa tidak ada perbedaan signifikan rata-rata self-regulated learning antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan dengan nilai t Hitung < t Tabel (a = 0,05) yakni 0,547 < 1,649 dengan nilai sig. 0,585 > 0,05. Sehingga, self-regulated learning mahasiswa dapat memperluas peningkatan pengaturan proses belajar mahasiswa serta memberikan tanggung jawab. Kontribusi adanya self-regulated learning mahasiswa ini merupakan wujud kelancaran dalam proses pendidikan dalam situasi apapun.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Cindy Asli Pravesti, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Elia Firda Mufidah, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Dimas Ardika Miftah Farid, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Maghfirotul Lathifah, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Pravesti, C. A., Mufidah, E. F., Farid, D. A. M., & Lathifah, M. (2022). Pentingnya Self-Regulated Learning pada Mahasiswa. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 8–18. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/261