Model Manajemen Event Berbasis Kearifan Lokal Di Komunitas Merk Kustom Kulture Surabaya
Keywords:
Manajemen event, Kearifan lokal, Kustom kultureAbstract
Pergerakan komunitas merk kustom kulture di Surabaya mempromosikan bentuk akulturasi budaya kustom Barat dengan kearifan lokal budaya Indonesia melalui manajemen event bertajuk “Nala Wahana Trusing Hyang”. Upaya mengenalkan kembali nilai kearifan lokal Jawa sentris sebagai budaya Nusantara menunjukkan kekayaan nilai-nilai syarat makna adiluhung untuk diterjemahkan ke dalam pagelaran budaya kustom generasi milenial oleh komunitas House of Customland. Tujuan event promosi kearifan lokal pada komunitas budaya kustom diadakan untuk memperkuat kesadaran generasi milenial terhadap kekayaan budaya Nusantara, khususnya Jawa sentris, agar tidak selalu condong mengadopsi budaya Barat. Metode analisis konten digunakan untuk mengidentifikasi konsep event budaya kustom berbasis kearifan lokal. Hasil analisis konten menemukan bahwa akulturasi seni, desain, industri dan teknologi budaya kustom dapat dipadukan dengan konsep tradisional yang mengandung nilai-nilai luhur Nusantara.
Downloads
References
Brown, T., & Stokes, P. (2021). Events management as a community of practice. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 4(2), 224–242. https://doi.org/10.1108/JHTI-09-2020-0157
Capriello, A. (2018). The strategic management of events for destination marketing. Tourism Planning and Destination Marketing, 221–237. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-291-220181011
Ketut Rahyuda, I., Bagus Anom Purbawangsa, I., & Bagus Ketut Surya, I. (2019). Relationship between competitive SMEs’ orientation and “Catur Paramitha.” International Journal of Social Economics, 46(7), 861–873. https://doi.org/10.1108/IJSE-01-2019-0004
Nashrudin Latif, Ferry Hariawan, & Bayu Rama Laksono. (2021). Kustom Kulture Event Marketing As a Brand Community Creativity. Journal of Applied Management and Business (JAMB), 2(2), 78–83. https://doi.org/10.37802/jamb.v2i2.210
Pujiyono, Wiwoho, J., & Sutopo, W. (2017). Implementation of Javanese traditional value in creating the accountable corporate social responsibility. International Journal of Law and Management, 59(6), 964–976. https://doi.org/10.1108/IJLMA-06-2016-0060
Wahyono, W., & Hutahayan, B. (2020). Performance art strategy for tourism segmentation: (a Silat movement of Minangkabau ethnic group) in the event of tourism performance improvement. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 643–659. https://doi.org/10.1108/JIMA-10-2017-0116
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.