Model Manajemen Event Berbasis Kearifan Lokal Di Komunitas Merk Kustom Kulture Surabaya

Authors

  • Nashrudin Latif Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Fery Hariawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bayu Rama Laksono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Manajemen event, Kearifan lokal, Kustom kulture

Abstract

Pergerakan komunitas merk kustom kulture di Surabaya mempromosikan bentuk akulturasi budaya kustom Barat dengan kearifan lokal budaya Indonesia melalui manajemen event bertajuk “Nala Wahana Trusing Hyang”. Upaya mengenalkan kembali nilai kearifan lokal Jawa sentris sebagai budaya Nusantara menunjukkan kekayaan nilai-nilai syarat makna adiluhung untuk diterjemahkan ke dalam pagelaran budaya kustom generasi milenial oleh komunitas House of Customland. Tujuan event promosi kearifan lokal pada komunitas budaya kustom diadakan untuk memperkuat kesadaran generasi milenial terhadap kekayaan budaya Nusantara, khususnya Jawa sentris, agar tidak selalu condong mengadopsi budaya Barat. Metode analisis konten digunakan untuk mengidentifikasi konsep event budaya kustom berbasis kearifan lokal. Hasil analisis konten menemukan bahwa akulturasi seni, desain, industri dan teknologi budaya kustom dapat dipadukan dengan konsep tradisional yang mengandung nilai-nilai luhur Nusantara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, T., & Stokes, P. (2021). Events management as a community of practice. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 4(2), 224–242. https://doi.org/10.1108/JHTI-09-2020-0157

Capriello, A. (2018). The strategic management of events for destination marketing. Tourism Planning and Destination Marketing, 221–237. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-291-220181011

Ketut Rahyuda, I., Bagus Anom Purbawangsa, I., & Bagus Ketut Surya, I. (2019). Relationship between competitive SMEs’ orientation and “Catur Paramitha.” International Journal of Social Economics, 46(7), 861–873. https://doi.org/10.1108/IJSE-01-2019-0004

Nashrudin Latif, Ferry Hariawan, & Bayu Rama Laksono. (2021). Kustom Kulture Event Marketing As a Brand Community Creativity. Journal of Applied Management and Business (JAMB), 2(2), 78–83. https://doi.org/10.37802/jamb.v2i2.210

Pujiyono, Wiwoho, J., & Sutopo, W. (2017). Implementation of Javanese traditional value in creating the accountable corporate social responsibility. International Journal of Law and Management, 59(6), 964–976. https://doi.org/10.1108/IJLMA-06-2016-0060

Wahyono, W., & Hutahayan, B. (2020). Performance art strategy for tourism segmentation: (a Silat movement of Minangkabau ethnic group) in the event of tourism performance improvement. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 643–659. https://doi.org/10.1108/JIMA-10-2017-0116

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Latif, N., Hariawan, F., & Laksono, B. R. (2022). Model Manajemen Event Berbasis Kearifan Lokal Di Komunitas Merk Kustom Kulture Surabaya. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 1–7. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/260