IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASI SEKOLAH (MBS) DI SD SPK NEW ZEALAND SCHOOL

Authors

  • Rizky Diannisa Rizky Diannisa

Abstract

Abstract
Salah satu komponen yang menentukan mutu pendidikan adalah manajemen pendidikan yang efektif
dan efisien. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu
pendidikan adalah dengan mengubah pengelolaan pendidikan yang awalnya pendidikan dikelola
secara terpusat (sentralisasi) kemudian diarahkan pada desentralisasi. Adapun sasaran utama dalam
MBS antara lain untuk meningkatkan keunggulan sekolah melalui pengambilan keputusan bersama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan MBS di SD SPK New Zealand School Jakarta
dan Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan MBS di SD SPK New Zealand School
Jakarta. Variabel dalam penelitian ini adalah manajemen Sarana dan Prasarana, manajemen peserta
didik, dan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, dan faktor pendukung dan penghambat
dalam penerapan MBS. Metode pengumpulan data: metode dokumentasi, wawancara dan observasi.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, secara keseluruhan SD SPK New Zealand School Jakarta sudah
menjalankan MBS dengan baik, dapat dilihat dari manajemen sarana dan prasarana, mereka mengikuti
procedure yang telah ditetapkan, dalam mengelola manajemen peserta didik, manajemen pendidik dan
ketenaga kependidikan dilakukan dengan Transparansi dan akuntabilitas. faktor pendukung dalam
penerapan MBS di SD SPK New Zealand School Jakarta adalah adanya peran serta dari masyarakat,
dan hampir semuanya memenuhi kualifikasi akademik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah
kekurangan guru kelas.
Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Manajemen Sarana & Prasarana, Manajemen Peserta
didik, Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Faktor Penduduk dan Penghambat.
One of the components that determines the quality of education is effective and efficient education
management. Therefore, the efforts made by the government to improve the quality of education were
to change the management of education, which was initially managed centrally (centralized) and then
directed towards decentralization. The main objectives in SBM include increasing the excellence of
schools through joint decision-making. This study aims to determine the application of SBM in SPK
Primary New Zealand School Jakarta and the supporting and inhibiting factors in implementing SBM
in SPK Primary New Zealand School Jakarta. The variables in this study are the management of
facilities and infrastructure, management of students, and management of educators and education
personnel, and supporting and inhibiting factors in the application of SBM. Data collection methods:
documentation, interview and observation methods. Based on the results of descriptive analysis, as a
whole, the New Zealand School Jakarta SPK Primary has implemented SBM well, it can be seen from
the management of facilities and infrastructure, they follow established procedures, in managing
student management, teacher management and education personnel are carried out with transparency
and accountability. . The supporting factor in implementing SBM at the New Zealand School Jakarta
SPK Primary is the participation of the community, and almost all of them meet academic
qualifications. Meanwhile, the inhibiting factor is the shortage of class teachers.
Keywoards: School Based Management, Facilities & Infrastructure Management, Student
Management, Management of Educators and Education Personnel, Population Factors and Barriers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Wibowo. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

B. Suryosubroto. (2007). Manajemen Sekolah Dasar (Buku Pegangan Kuliah). Yogyakarta: Jurusan

Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Dadang Suhardan, dkk. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. (2013). Panduan Pembinaan Manajemen Berbasis Sekolah di

Sekolah Dasar Buku I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal

Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. (2013). Panduan Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di

Sekolah Dasar Buku IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal

Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

E. Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.

Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

E. Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Engkoswara dan Aan Komariah. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap

Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Husaini Usman. (2006). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ibrahim Bafadal. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dari Sentralisasi menuju

Desentralisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Made Pidarta. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta 158

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang

Metode-metode Baru. Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: UPI dan PT Remaja

Rosdakarya

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia

Widiasarana Indonesia.

Poniran. (2010). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri Kemiri dan SD

Muhammadiyah Purworejo. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Ramly Munuy. (2010). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri 1 Labuha

Kabupaten Halmahera Selatan. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri

Yogyakarta

Rohiat. (2008). Manajemen Sekolah, Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama

Sudarwan Danim. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik.

Jakarta: Bumi Aksara

Sufyarma. (2003). Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Tatang M. Amirin, dkk. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Zainuddin. (2008). Reformasi Pendidikan: Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah.

Yogyakarta: Pustaka Pelaja

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Rizky Diannisa, R. D. (2022). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASI SEKOLAH (MBS) DI SD SPK NEW ZEALAND SCHOOL. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 489–501. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/255