IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASI SEKOLAH (MBS) DI SD SPK NEW ZEALAND SCHOOL
Abstract
Abstract
Salah satu komponen yang menentukan mutu pendidikan adalah manajemen pendidikan yang efektif
dan efisien. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu
pendidikan adalah dengan mengubah pengelolaan pendidikan yang awalnya pendidikan dikelola
secara terpusat (sentralisasi) kemudian diarahkan pada desentralisasi. Adapun sasaran utama dalam
MBS antara lain untuk meningkatkan keunggulan sekolah melalui pengambilan keputusan bersama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan MBS di SD SPK New Zealand School Jakarta
dan Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan MBS di SD SPK New Zealand School
Jakarta. Variabel dalam penelitian ini adalah manajemen Sarana dan Prasarana, manajemen peserta
didik, dan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, dan faktor pendukung dan penghambat
dalam penerapan MBS. Metode pengumpulan data: metode dokumentasi, wawancara dan observasi.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, secara keseluruhan SD SPK New Zealand School Jakarta sudah
menjalankan MBS dengan baik, dapat dilihat dari manajemen sarana dan prasarana, mereka mengikuti
procedure yang telah ditetapkan, dalam mengelola manajemen peserta didik, manajemen pendidik dan
ketenaga kependidikan dilakukan dengan Transparansi dan akuntabilitas. faktor pendukung dalam
penerapan MBS di SD SPK New Zealand School Jakarta adalah adanya peran serta dari masyarakat,
dan hampir semuanya memenuhi kualifikasi akademik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah
kekurangan guru kelas.
Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Manajemen Sarana & Prasarana, Manajemen Peserta
didik, Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Faktor Penduduk dan Penghambat.
One of the components that determines the quality of education is effective and efficient education
management. Therefore, the efforts made by the government to improve the quality of education were
to change the management of education, which was initially managed centrally (centralized) and then
directed towards decentralization. The main objectives in SBM include increasing the excellence of
schools through joint decision-making. This study aims to determine the application of SBM in SPK
Primary New Zealand School Jakarta and the supporting and inhibiting factors in implementing SBM
in SPK Primary New Zealand School Jakarta. The variables in this study are the management of
facilities and infrastructure, management of students, and management of educators and education
personnel, and supporting and inhibiting factors in the application of SBM. Data collection methods:
documentation, interview and observation methods. Based on the results of descriptive analysis, as a
whole, the New Zealand School Jakarta SPK Primary has implemented SBM well, it can be seen from
the management of facilities and infrastructure, they follow established procedures, in managing
student management, teacher management and education personnel are carried out with transparency
and accountability. . The supporting factor in implementing SBM at the New Zealand School Jakarta
SPK Primary is the participation of the community, and almost all of them meet academic
qualifications. Meanwhile, the inhibiting factor is the shortage of class teachers.
Keywoards: School Based Management, Facilities & Infrastructure Management, Student
Management, Management of Educators and Education Personnel, Population Factors and Barriers.
Downloads
References
Agus Wibowo. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
B. Suryosubroto. (2007). Manajemen Sekolah Dasar (Buku Pegangan Kuliah). Yogyakarta: Jurusan
Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Dadang Suhardan, dkk. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. (2013). Panduan Pembinaan Manajemen Berbasis Sekolah di
Sekolah Dasar Buku I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal
Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. (2013). Panduan Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di
Sekolah Dasar Buku IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal
Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
E. Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
E. Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.
Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
E. Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Engkoswara dan Aan Komariah. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap
Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Husaini Usman. (2006). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ibrahim Bafadal. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dari Sentralisasi menuju
Desentralisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Made Pidarta. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta 158
Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang
Metode-metode Baru. Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: UPI dan PT Remaja
Rosdakarya
Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia
Widiasarana Indonesia.
Poniran. (2010). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri Kemiri dan SD
Muhammadiyah Purworejo. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Ramly Munuy. (2010). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri 1 Labuha
Kabupaten Halmahera Selatan. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri
Yogyakarta
Rohiat. (2008). Manajemen Sekolah, Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama
Sudarwan Danim. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik.
Jakarta: Bumi Aksara
Sufyarma. (2003). Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Tatang M. Amirin, dkk. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Zainuddin. (2008). Reformasi Pendidikan: Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah.
Yogyakarta: Pustaka Pelaja
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rizky Diannisa Rizky Diannisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.