PERAN MEDIA BARU DALAM RELASI GENDER PADA ANGGOTA KOMUNITAS IBU PROFESIONAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) peran media baru melalui kelas online dalam membangun pemahaman relasi gender pada anggota Komunitas Ibu Profesional, (2) perubahan relasi gender pada anggota Komunitas Ibu Profesional sesudah mengikuti kelas online di Komunitas Ibu Profesional, (3) Jika terjadi perubahan, faktor apa saja yang berpengaruh terhadap perubahan relasi gender sesudah mengikuti kelas online di Komunitas Ibu Profesional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan metode netnografi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling snowball. Teknik analisis data, yakni data kondensasi, penyajian data dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Data dikumpulkan melalui riset netnografi secara online, antara lain observasi melalui dengan membaca text WhatsApp Group, konten analisis website dan materi kelas online yang berdampak pada relasi gender pada komunitas Ibu profesional. Hasil penelitian ini yakni faktor determinan yang menyebabkan antusias peserta dalam mengikuti level program selanjutnya di Komunitas Ibu Profesional adalah terlalu besarnya jumlah peserta dalam satu virtual sehingga ada beberapa anggota komunitas ibu professional masuk dalam kelas yang lain untuk tidak ketinggalan materi yang disampaikan
Downloads
References
Baden, H. R. (2000). Gender and Development : Concept and Definitions. Bridge Development.
Bank, W. (2012). Overview in World Development Report 2012: Gender Equality and Development. Washington: World Bank.
Cangara, H. (2009). munikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press.
Creeber, G., & Martin, R. (2009). Digital Cultures: Understanding New. England: Open University Press.
Fakih, M. (2013). Menggeser Konsepsi Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hill, K. Z. (2001). Media, Budaya dan Politik di Indonesia. Jakarta: PT Lintas Inti Nusantara.
Holborn, M. H. (2004). Sociology: Themes and Perspectives. London: Collins Educational.
Howard, P. N. (2006). New Media Campaigns and the Managed Citizen. New York: Cambridge University Press.
Kozinets, R. V. (2010). Netnography: Doing Ethnography Research Online. London: SAGE Publications Ltd.
Lees-Marshment, J. (2009). Political Marketing Principles And Applications. USA: British Library.
Llanos, B. a. (2011). ‘Election Coverage from a Gender Perspective: A Media Monitoring Manual’ UN Women. USA.
McQuail, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory. London: Sage Publications.
Miles, M., & Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.
Muslih, M. (2007). Bangunan Wacana Gender. Ponorogo: Centre for Islamic and Occidental Studies (CIOS) .
Neuman, W. L. (2003). Social Research Methods, Qualitative and Quantitative Approaches. Boston: Pearson Education.
Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutopo, H. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Wahyu, T. (2012). Komunikasi Media, Teknologi, dan Masyarakat. . Yogyakarta: Pustaka Belajar. .
Yin., R. K. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.