PELATIHAN PENANGANAN AUTIS DENGAN SETTING BLENDED LEARNING PADA GURU PAUD DI KECAMATAN WARU

Authors

  • Ana Rafikayati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Lutfi Isni Badiah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sambira

Keywords:

pelatihan terapi autisme; blended learning; guru PAUD

Abstract

Mitra dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) ini adalah HIMPAUDI Kecamatan Waru Sidoarjo. HIMPAUDI Kec. Waru yang kantor sekeretariatnya beralamat di Jl. Zainal Abidin No. 15 RT 01, RW 01 Tambak Sumur Waru sidoarjo ini. Adapun yang menjadi sekolah mitra dalam KKN ini adalah sekolah PAUD di bawah naungan HIMPAUDI yang berlokasi di 4 kelurahan di Kec. Waru, yaitu kelurahan: (1) Waru, (2) Tambak Sumur, (3) Wedoro, dan (4) Tropodo. Masalah yang dihadapi sekolah mitra adalah guru PAUD mengalami kesulitan dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), khususnya untuk anak dengan autisme. Padahal keterampilan menangani ABK adalah sangat penting mengingat isu pendidikan inklusif yang sekarang ini tengah gencar dilakukan pemerintah di mana semua sekolah tidak boleh menolak siswa, termasuk ABK. Pemberian pelatihan ABA ini dilaksanakan dalam setting blended learning. Adapun langkah-langkah pelaksanaan PPM ini adalah (1) pembuatan kelas online, (2) pelatihan face to face, (3) pelatihan online, (4) observasi ke autis center, (5) pendampingan face to face, dan (6) pendampingan online. Metode pelatihan yang digunakan adalah kombinasi ceramah, diskusi, dan praktik.

Kata kunci: pelatihan terapi autisme; blended learning; guru PAUD

   

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardina, R. (2018). TERAPI ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS) TINGKAT DASAR EFEKTIF TERHADAP PERILAKU IMITASI AKSI ANAK AUTIS DI PUSAT TERAPI LPSDM GRAHA JIWA INDONESIA KAB. PRINGSEWU. The Indonesian Journal of Health Science. https://doi.org/10.32528/the.v10i1.1459

Badiah, L. I. (2019). PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL PADA SISWA AUTIS DI SMAN 10 SURABAYA. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p117-123

Chaeruman, U. A. (2017). Pedati Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. In Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti.

de Rivera, C. (2008). The use of intensive behavioural intervention for children with autism. Journal on Developmental Disabilities.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. ABDIMAS UNWAHAS. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Haka, N. B., Anggita, L., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1806

Lestari, D. D., & Jati, S. N. (2016). Pendampingan Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Taman Kanak-Kanak Al-Madani Pontianak Tenggara. …?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak ….

Moshe, A. (2017). Inclusion Assistants in General Education Settings - A Model for In-service Training. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050206

Nirfayanti1, N. (2019). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN ANALISIS REAL. JURNAL PENELITIAN MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA.

Pham, Q. T., & Tran, T. P. (2020). The acceptance of e-learning systems and the learning outcome of students at universities in Vietnam. Knowledge Management and E-Learning. https://doi.org/10.34105/j.kmel.2020.12.004

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207

Pujiastuti, A. U., & Agustin, I. (2019). Implementasi Peran dan Tugas Guru Pembimbing Khusus (GPK) pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar.

Rafikayati, A., Badiah, L. isni, & Mudhar, M. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU PAUD DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI PAUD. Jurnal Abadimas Adi Buana. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i2.a1755

Rahayu, S. M. (2015). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900

Susanto, H., Rinaldi, A., Novalia, Cucus, A., Aprilinda, Y., Muslik, A., Al-Emran, M., Maharani, N., Kartini, K. S., Fahmiyah, I., Khoiroh, N., Munoto, Anifah, L., Sari, P., Rizqullah, R., Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., Paujiah, E., … Budiastuti; D. (2020). PENGARUH E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR. JURNAL PENELITIAN MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA.

Webster, T. E., & Son, J. B. (2015). Doing what works: A grounded theory case study of technology use by teachers of English at a Korean university. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.08.012

Yuwono, J. (2016). PEMBELAJARAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS (Studi Kasus Pembelajaran Komunikasi Anak Autsi dalam Area strategi Pembelajaran Individual pada dua Pusat Terapi EF dan BT di Jakarta). UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa).

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Rafikayati, A. ., Lutfi Isni Badiah, & Sambira. (2022). PELATIHAN PENANGANAN AUTIS DENGAN SETTING BLENDED LEARNING PADA GURU PAUD DI KECAMATAN WARU. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 82–88. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/248