Pelatihan Manajemen Usaha Katering Siswa SMAN 4 Sidoarjo untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha Jasa Boga
Keywords:
katering, pelatihan, wirausahaAbstract
Bisnis kuliner saat ini menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan untuk di jalankan, prospek usaha ini akan terus cemerlang mengingat kuliner atau makanan merupakan kebutuhan pokok bagi semua manusia. Salah satu bisnis bidang kuliner yang bisa dijalankan adalah bisnis katering. Selain itu dengan semakin berkembangnya teknologi dan pemanfaatan teknologi bisnis di media online merupakan opsi yang menguntungkan bagi usaha kecil dan menengah. bisnis online memiliki lahan pasar yang cukup besar, diperkirakan angka pengguna internet di Indonesia lebih dari 88 juta orang. Katering misalnya, bisnis penyedia makanan yang awalnya jarang melakukan promosi, sekarang banyak ditemukan iklan katering di social media instagram. Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah Pendidikan yang menyiapkan lulusannya untuk melanjutkan ke jenjnag perguruan tingi belum siap bekerja. Sehingga memberikan sumbangan pengangguran pada anak lulusan SMA di usia produktif. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa SMA bisnis kuliner manajemen katering di bidang Jasa Boga untuk memasuki dunia kerja. Mitra pengabdian ini adalah siswa SMAN 4 SIdoarjo. Pengabdian dilaksanakan di Aula Sekolah SMAN 4 Sidoarjo. Adapun metode kegiatan yang digunakan pada pengabdian ini adalah perencanaan, pengarahan, bimbingan dan pengajaran praktikum Manajemen katering. Melalui kegiatan pengabdian ini siswa SMAN 4 Sidoarjo meningkatkan pemahaman dan ketrampilannya di bidang boga sebagai bekal untuk berwirausaha.
Downloads
References
Billett, S. (2011). Vocational education. Dordrecht Heidelberg London New
York. Spinger
Bukit. M. (2014). Strategi dan inovasi pendidikan Atas. Bandung: Alfabeta
Clarke, L. & Winch, C. (2007). Vocational education. internasional approaches, developments and systems. Routledge. 270. Madison Avenue, New York, NY 10016.
Suara tb. Jumlah Pengangguran di NTB 29 September 2019. (Online), (https://www.suarantb.com/ntb/2019/12/281369/pengangguran, diakses 25
Desember 2019).
Lucas, B., Spencer, E., & Claxton, G. (2012). How to teach vocational education.
City & Guilds. Centre For Skills Development
Mardapi, D. (2007). Teknik Penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta.
Mitra Cendikia
Pavlova., M. (2009). Technology and vocational education for sustainable development. Australia: spinger
Purwanto, N. (2007). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: Rosda Karya
Sudira, P. (2012). Filosofi dan teori pendidikan vokasi dan Atas. Yogjakarta.
Uny Press
Wagiran. (2014). Metodologi penelitian pendidikan: teori dan implementasi.
Yogyakarta: CV Budi Utama
Willis, P., MacKenzie, S., & Harris, R. (2009). Rethinking work and learning.
Australia: Spinger
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.