PENYULUHAN PENINGKATAN PRODUKSI UMKM BAKSO ACI TATA SNACK KEDIRI DENGAN PENAMBAHAN TEKNOLOGI ALAT
Keywords:
Bakso Aci, Proses Produksi, TeknologiAbstract
Kondisi Ekonomi masyarakat sekarang ini sangat menurun sekali karena dampak dari munculya wabah Virus Covid-19 yang menyerang seluruh dunia dan berdampak sangat besar pada kehidupan masyarakat Indonesia. dengan keadaan dan kondisi saat ini kita dituntut untuk selalu berinovasi disegala bidang dan aspek untuk dapat tetap mempertahankan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari hari. UMKM Tata Snack adalah UMKM yang bergerak pada industri makanan instant/cepat saji. Didirikan tahun 2018, awalnya UMKM ini hanya memproduksi baso aci saja dengan satu varian rasa. Pada akhirnya seiring berjalannya waktu sesuai dengan banyaknya permintaan dan peminat makanan instant. Proses Pengolahan pada Produksi Bakso Aci Tata Snack masih menggunakan alat manual dan kapasitas kecil sehingga jika ada lonjakan pemesanan maka tidak bisa untuk memenuhi pesanan/order tersebut. Banyak sekali konsumen dan pelanggan agak kecewa sehingga kalau mau membeli dalam jumlah banyak harus order minimal 3 hari dari hari pengambilan.Oleh karena itu penambahan alat yang digunakan dalam produksi Bakso Aci sangat penting,agar proses pencampuaran bahan dan pengolahan adonan lebih cepat,mempuyai kapasitas besar dan tidak memakan waktu yang lama.selain itu penambahan vacuum udara juga sangat penting agar Bakso aci bisa bertahan lebih lama walau tidak masuk mesin pendingin.
Downloads
References
Gunawan, B., Nurkhamid, M., & Mulyani, S. (2020). Peningkatan Produktifitas Umkm Industri Kreatif Di Era Mea Dengan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna. Abdi Dosen?: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 251. https://doi.org/10.32832/abdidos.v4i3.666
Herawati, H., & Mulyani, D. (2016). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada Ud. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. Prosiding Seminar Nasional, ISBN 978-6, 463–482. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3677
Nurlatifah, L. dan. (2016). Strategi Meningkatkan Produksi UMKM di Kabupaten Cirebon Melalui Efektivitas Persediaan Bahan Baku dan Modal Usaha. Jurnal AL-Mustashfa, Vol 4(No 2), 111–123.
Nursalim, N., Sampeallo, A. S., Wahid, A., & Meok, N. J. (2019). Upaya Peningkatan Produksi Mebel Pada Umkm Kota Kupang Berbasis Teknologi Tepat Guna. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 258–265. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3681
Prasetyo, D. W. (2018). Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung - Jombang. Comvice?: Journal of Community Service, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.26533/comvice.v2i1.122
Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.