Aspek Literasi dalam Pembelajaran Statistik dengan Menggunakan Modul Berbasis Kecerdasan Linguistik

Authors

  • Sabitul Kirom

Keywords:

literasi, pembelajaran literasi, pembelajaran statistik, modul berbasis kecerdasan linguistik

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan literasi menjadi salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam berbagai aktivitas kehidupan di era globaliasai saat ini. Kegiatan literasi berperan penting dalam mewujudkan pembangunan pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter guna meningkatkan produktivitas dan daya saing yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang aspek literasi dalam pembelajaran Statistik dengan menggunakan modul berbasis kecerdasan linguistik. Penelitian ini terfokus pada tiga hal pokok yaitu (1) perancangan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, aspek literasi sudah terintegrasi dalam perancangan pembelajaran yang terdokumentasi ke dalam Silabus, RPS, RPP, dan Kontrak Kuliah. Kedua, aspek literasi sudah terintegrasi dalam pelaksanaan pembelajaran yang tercermin melalui kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran. Ketiga, aspek literasi sudah terintegrasi dalam evaluasi pembelajaran yang terdokumentasi ke dalam soal-soal latihan dan penugasan. Hasil dari penelitian ini memiliki dampak positif untuk memperkaya khasanah penelitian yang berkaitan dengan kegiatan literasi dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aspek literasi sudah diterapkan dalam pembelajaran statistik dengan menggunakan modul berbasis kecerdasan linguistik, mulai dari perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Kirom, S. (2021). Aspek Literasi dalam Pembelajaran Statistik dengan Menggunakan Modul Berbasis Kecerdasan Linguistik. SNHRP, 106–116. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/23