GAMBARAN AKTIVITAS FISIK OLAHRAGA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH
Keywords:
aktivitas fisik olahraga, belajar dari rumah, anak usia diniAbstract
Program belajar dari rumah (BDR) sebagai salah satu cara untuk menekan sebaran virus Covid-19 di sekolah. Implementasi BDR menggunakan bantuan media teknologi dan informasi, sehingga belum bisa diterapkan secara tunggal pada jenjang PAUD. Pembelajaran PAUD dalam bentuk aktivitas fisik olahraga yang bertujuan untuk menstimulus aspek perkembangan fisik dan motorik anak membutuhkan alat bantu pembelajaran serta stimulasi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas fisik olahraga anak usia dini pada program BDR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan subyek menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Kredibilitas data penelitian diuji menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran aktivitas fisik olahraga anak usia dini pada Program BDR meliputi aktivitas gerak dan lagu, aktivitas bermain, serta aktivitas motorik. Selanjutnya benda-benda di lingkungan sekitar yang digunakan meliputi kardus, botol bekas, bola dan kertas sebagai media dalam bermain sambil belajar melalui aktivitas fisik olahraga
Downloads
References
Affrida, Ervin Nurul. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi Volume 1 Issue 2 (2017) Pages 124 – 130 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau.
Affrida, Ervin Nurul. (2018). Gambaran Perilaku Attachment antara Ibu dengan Peran Ganda dengan Anak Usia Prasekolah Ditinjau dari Aspek Perkembangan Emosi Sosial. Jurnal Learning Community 2 (2), 2018, 43-48 Program Studi PJKR Universitas Negeri Jember. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/view/6208
Asriansyah & Mahendra, Agung. (2020). Model Permainan Perseptual Motorik Melalui Ban Motor Bekas dalam Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Olahraga Volume 05 No. 02, Juli, pp. 122-130 Universitas PGRI Semarang
Borg, Walter R., & Gall, M.D. (1983). Educational research: An introduction (4). New York & London: Longman.
Berndt, T.J., (1992). Child Development. Harcourt: Brace Jovanovich College Publishers
Helms, D. B & Turner, J.S. (1983). Exploring Child Behavior. New York : Holt Rinehartand Winston.
Kerns. K. A. (2001). Parent-Child Attachment and Monitoring in Middle Childhood. Journal of Family Psychology. [Jurnal]. Vol.15, No.I, 69-81 https://pdfs.semanticscholar.org/de00/53420f4656d5e27f45fb2f827a72d2 18214f.pdf
Marganti. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Jilid I. Medan: Perdana Publishing.
Ma’mun, A & Saputra, Y.M. (2000). Perkembangan Belajar Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Penddikan dan Kebudayaan.
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 4 Edisi I Juni. Universitas Negeri Yogyakarta https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/viewFile/12344/8918 diakses pada 5 April 2020.
Rubiyanto. (2014). Peranan Aktivitas Fisik Olahraga bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Pendidikan Olahraga Vol. 3 No. 1, Edisi Juni. IKIP PGRI Pontianak https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/issue/view/18 diakses pada 22 Maret 2020.
Thomas. Katherine T.. Lee. Amelia M..Thomas. Jerry R. (2000). Physical Education For Children: Dailly Lesson Plans for Elementary School-2nd ed. United Stated: Human Kinetic
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.