PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL : PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5

Authors

  • Nisfi Indana Zulfa universitas pgri adi buana
  • Mentari Salsa Sudarwanto universitas pgri adi buana
  • Wahyu Imroatus Tsani universitas pgri adi buana
  • Godalifa Mayabubun universitas pgri adi buana
  • Yafie Rachmad Dany universitas pgri adi buana

Keywords:

Pembelajaran berbasis kontektual, pembelajaran matematika

Abstract

Dalam ulasan ini memberikan gambaran umum tentang proses pembelajaran kontektual dan meneliti keefektifan pembelajran kontektual disekolah dasar. Kami membahas sejumlah penelitian empiris yang telah meneliti pembelajaran kontektual mempengarui hasil belajar pada materi pembelajaran matematika sekolah dasar. Pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontektual mempengarui keefektifan belajar siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajarnya, dengan ditandai meningkatnya daya ingat dan nilai masing-masing siswa. Studi ini banyak menunjukkan bahwa pembelajaran kontektual diperlukan untuk memengarui hasil belajar sisiwa. Tujuan pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung, menumbuhkan kemampuan siswa yang dapat dialihgunakan melalui kegiatan matematika, dan mengembangkan pengetahuan dasar matematika sebagai bekal melanjutkan ke jenjang selanjutnya, serta membuat sikap logis, kritis, cermat dan disiplin. Dengan demikian pembelajaran matematika perlu dirancang, dikelola dan dilaksanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan metode mengajar yang sesuai dengan perkembangan siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nisfi Indana Zulfa, universitas pgri adi buana

1Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mentari Salsa Sudarwanto, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Wahyu Imroatus Tsani, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Godalifa Mayabubun, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Yafie Rachmad Dany, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

communication skills. European Journal of Educational Research, 9(2), 753–764. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.753

Analisis, M., Pembelajaran, E., Terhadap, K., Pemahaman, K., Bagi, M., Sekolah, S., Yohana, D., Parhusip, P., Tyas, A., & Hardini, A. (2020). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 319–326. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/27954

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.

Heryansyah Gintinga1, Edy Suryab2, (2017). Development Learning Device Based for Measuring Contextual Critical Thinking Skills Students SD Class VI Mathematical. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Volume 33, No 3, pp 301-310.

Maulida, A. R., Suyitno, H., Sri, T., & Asih, N. (2020). Mathematical Connection Ability viewed from Cognitive Style and Gender in the CONINCON Learning ( Constructivism , Integrative & Contextual ). 11(2), 127–134.

Mentari, W. N., & Syarifuddin, H. (2020). Improving student engagement by mathematics learning based on contextual teaching and learning. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012003

Nur, E., Amaliyah, E., Sopandi, W., & Sujana, A. (2002). The Creative Ability of Student through Contextual Based Social Science in Class IV Primary School. 2(1), 1681–1687.

Purwanto, P. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Setyarini, setyarini. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL Setyarini. 5(2), 1– 6.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenadamedia Group

Velani, F. Y., & Retnawati, H. (2020). Application of contextual teaching and learning approaches in improving mathematics interest and learning achievement of elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012032

Zahrah, R. F., & Febriani, W. D. (2020). a Contextual Problem Based of Local Wisdom Improve the Ability To Solving a Word Problem Mathematics Students of Elementary School. PrimaryEdu

- Journal of Primary Education, 4(1), 55. https://doi.org/10.22460/pej.v4i1.1492

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Indana Zulfa, N. ., Salsa Sudarwanto, M. ., Imroatus Tsani, W. ., Mayabubun, G. ., & Rachmad Dany, Y. . (2022). PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL : PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 373–379. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/217