PENGARUH PENGGUNAN MEDIA BARRIER GAME TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA TUNARUNGU DI SDLB KARYA MULIA II SURABAYA

Authors

  • Lutfi Isni Badiah universitas pgri adi buana

Keywords:

IPA, Siswa Tunarungu, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan Barrier Game terhadap hasil belajar siswa tunarungu kelas II (dua) di SDLB Karya Mulia II Surabaya. Jumlah siswa di kelas II ini sebanyak 5 orang yang seluruhnya menjadi subyek penelitian. Penelitian ini berjenis penelitian pra-eksperimen dengan model one group pre-test post-test. Metode untuk pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif, menggunakan teknik non parametrik dengan teknik tes uji rangking bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Sign Rank Test). Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 90 > nilai rata-rata pretest sebesar 59. Hasil analisis nonparametric diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) = 0.034< 0.05. Dengan demikian, hipotesis, “Ada pengaruh penggunaan media barrier game terhadap hasil belajar IPA siswa tunarungu” diterima kebenarannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media barrier game memberikan pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa tunarungu kelas II di SDLB SDLB Karya Mulia II Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lutfi Isni Badiah, universitas pgri adi buana

Program Studi Pendidikan Khusus

References

Arifianto, P. N., & Sudarto, Z. (2015). Penggunaan Media Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Anak Tunarungu di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(1).

Badiah, L. I. (2020). Implementasi Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu di SLDB Karya Mulya II Surabaya. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1).

Hirnandin, A., & Wagino. (2018). Video Game Edukatif Terhadap Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh Manusia Pada Anak Tunarungu Kelas I. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2).

Nikmah, K., & Rianto, E. (2019). Permainan Barrier Game Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(3).

Nurhasanah, A., & Supardi, Z. A. I. (2014). Pemanfaatan Media Visualisasi Phet Simulations sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Tunarungu pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 6.

Pamungkas, N. A. (2020). Penggunaan Media Barrier Game Terhadap Kemampuan Memahami Kosa-Kata Pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(2).

Pratama, I., Gunarhadi, G., & Priyono, P. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Grafis Komik Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Materi Fungsi Alat-Alat Tubuh Siswa Kelas V SLB B. PAEDAGOGIA, 20(1), 1. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16532

Widiyawati, Y. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA Bagi Peserta Didik Visual Impairment di SLB. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 1(1), 15.

Zakia, D. L., Sunardu, S., & Yamtinah, S. (2016). Profil Pelaksanaan Pembelajaran IPA Bagi Anak Tunarungu di SLB Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Special Edu, 1(1), 14.

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Isni Badiah, L. . (2022). PENGARUH PENGGUNAN MEDIA BARRIER GAME TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA TUNARUNGU DI SDLB KARYA MULIA II SURABAYA. SNHRP, 3, 368–372. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/216