Studi Literatur: Pendidikan Moral Di Sekolah Dasar
Keywords:
moral, pendidikan moral, sekolah dasarAbstract
Saat ini, di Indonesia banyak sekali isu – isu tentang pendidikan moral. Hal itu bisa terjadi karena kurangnya pendidikan moral yang tidak diajarkan kepada anak, sehingga menyebabkan anak melakukan hal sesuka hati mereka tanpa mengetahui hal tersebut baik untuk dirinya atau tidak. Tujuan utama dari artikel ini adalah membantu para pendidik khususnya guru untuk menanamkan pendidikan moral di Sekolah Dasar. Untuk itu sangatlah penting menanamkan pendidikan moral di Sekolah Dasar agar dapat membentuk karakter dan pribadi siswa yang lebih baik dan membangun generasi bangsa yang berkualitas serta menjadi penerus bangsa yang berintegritas.
Downloads
References
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39–48.
Elly, R., & Aini, N. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Moral. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/187368-ID-Penanaman-Nilai-Nilai-Moral-Pada-Siswa-d.Pdf, 1, 68–77.
Latief, F. (2020). NILAI BUDAYA SIRINA PESSE PADA POLA ASUH MASYARAKAT BUGIS MAKASSAR. INDONESIAN PARENTING, 59.
Moral, M., Agama, D. A. N. N., Anak, P., Dini, U., & Cerita, M. (2016). a ? - ? ibyan ,. 1(1), 96–105.
Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org
Rukiyati, R. (2019). Pendidikan Moral Di Sekolah. Humanika, 17(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/hum.v17i1.23119
Setiawan, B. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Peer Tutoring Berbasis Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Banyudono.
Setiawan, B., & Iasha, V. (2020a). Corona Virus Disease 2019: The Perspective Opinion From Pre-Service Elementary Education Teacher. Education, Sustainability & Society, 3(2), 33–36. https://doi.org/10.26480/ess.02.2020.33.36
Setiawan, B., & Iasha, V. (2020b). COVID-19 PANDEMIC: THE INFLUENCE OF FULL-ONLINE LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL IN RURAL AREAS. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 114–123.
Syaparuddin, S. (2020). Peranan pendidikan nonformal dan sarana pendidikan moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173–186.
Wuryandani, W. (2010). Peranan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini. Diklus, 14(1), 76–85.
Yetti, E., Yufiarti, Pramitasari, M., Suharti, Iasha, V., & Setiawan, B. (2021). The Influence of Dance Instructional Strategy and Teacher’s Pedagogy Competence on Classroom Climate. Elementary Education Online, 20(1), 642–650. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.54
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.