STUDI LITERATUR: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOTS MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Authors

  • Devin Dwi Oktavia universitas pgri adi buana
  • Fani Amanda universitas pgri adi buana
  • Farah Fitrah Amalia universitas pgri adi buana
  • Nurul Islamiah universitas pgri adi buana
  • Uswatun Khasanah Uswatun Khasanah universitas pgri adi buana

Keywords:

HOTS, Pendidikan Karakter, Teknologi

Abstract

Keberhasilan pendidikan karakter terhadap teknologi hanya akan diperoleh jika peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, karena konsep yang telah dipahami akan melekat dalam ingatan peserta didik dalam waktu  yang lama, sehingga penting sekali bagi peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (High Order Thinking skill). High Order Thinking Skills merupakan suatu proses berpikir dalam level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep dan metode kognitif dan taksonomi pembelajaran seperti metode problem solving, taksonomi bloom, dan taksonomi pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Mengingat betapa pentingnya pendidikan karakter untuk menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik. Pendidikan karakter diperlukan untuk masa depan peserta didik. Studi literatur ini bertujuan untuk memberikan gambaran implementasi pembelajaran HOTS menggunakan media elektronik dalam pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Devin Dwi Oktavia, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fani Amanda, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Farah Fitrah Amalia, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nurul Islamiah, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Uswatun Khasanah Uswatun Khasanah, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Asmani, J. M. (2011). Tips Efektif pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan . Yogyakarta: Diva Press.

Ginanjar, M. H. (2017). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Hanifah, N. (2019). Pengembangan Instrumen penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar. universitas pendidikan indonesia, 1-8.

Hariningsih. (2005). Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hriningsih. (2005). Teknologi Informasi . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lickona, T. (1991). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Munir. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bandung: CV. Alfabeta.

Puspitasari, E. (2016). Pendekatan Pendidikan Karakter. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org

Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High order thinking skills (HOTS) mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah grup. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 87–93.

Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133.

Setiawan, B, Septianto, R., Suhendra, D., & Iskandar, F. (2017). Measurement of 3-axis magnetic fields induced by current wires using a smartphone in magnetostatics experiments. Physics Education, 52(6), 065011. https://doi.org/10.1088/1361-6552/aa83e3

Setiawan, Bramianto, & Iasha, V. (2020). COVID-19 PANDEMIC: THE INFLUENCE OF FULL-ONLINE LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL IN RURAL AREAS. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 114–123.

Setiawan, Bramianto, Juniarso, T., Fanani, A., & Iasha, V. (2020). Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 230–236.

Sudibyo, L. (2016, Februari 18). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal WIDYATAMA Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, pp. Vol. 20, No.2:175-185.

Syahda, S. T. (2020, Mei 21). Inovasi Pendidikan: Pendidikan Karakter. ResearchGate.

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Dwi Oktavia, D. ., Amanda, F. ., Fitrah Amalia, F. ., Islamiah, N. ., & Uswatun Khasanah, U. K. (2022). STUDI LITERATUR: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOTS MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 323–329. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/210