STUDI LITERATUR: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOTS MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Keywords:
HOTS, Pendidikan Karakter, TeknologiAbstract
Keberhasilan pendidikan karakter terhadap teknologi hanya akan diperoleh jika peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, karena konsep yang telah dipahami akan melekat dalam ingatan peserta didik dalam waktu yang lama, sehingga penting sekali bagi peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (High Order Thinking skill). High Order Thinking Skills merupakan suatu proses berpikir dalam level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep dan metode kognitif dan taksonomi pembelajaran seperti metode problem solving, taksonomi bloom, dan taksonomi pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Mengingat betapa pentingnya pendidikan karakter untuk menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik. Pendidikan karakter diperlukan untuk masa depan peserta didik. Studi literatur ini bertujuan untuk memberikan gambaran implementasi pembelajaran HOTS menggunakan media elektronik dalam pendidikan karakter.
Downloads
References
Asmani, J. M. (2011). Tips Efektif pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan . Yogyakarta: Diva Press.
Ginanjar, M. H. (2017). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).
Hanifah, N. (2019). Pengembangan Instrumen penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar. universitas pendidikan indonesia, 1-8.
Hariningsih. (2005). Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hriningsih. (2005). Teknologi Informasi . Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lickona, T. (1991). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.
Munir. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bandung: CV. Alfabeta.
Puspitasari, E. (2016). Pendekatan Pendidikan Karakter. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).
Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org
Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High order thinking skills (HOTS) mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah grup. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 87–93.
Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133.
Setiawan, B, Septianto, R., Suhendra, D., & Iskandar, F. (2017). Measurement of 3-axis magnetic fields induced by current wires using a smartphone in magnetostatics experiments. Physics Education, 52(6), 065011. https://doi.org/10.1088/1361-6552/aa83e3
Setiawan, Bramianto, & Iasha, V. (2020). COVID-19 PANDEMIC: THE INFLUENCE OF FULL-ONLINE LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL IN RURAL AREAS. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 114–123.
Setiawan, Bramianto, Juniarso, T., Fanani, A., & Iasha, V. (2020). Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 230–236.
Sudibyo, L. (2016, Februari 18). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal WIDYATAMA Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, pp. Vol. 20, No.2:175-185.
Syahda, S. T. (2020, Mei 21). Inovasi Pendidikan: Pendidikan Karakter. ResearchGate.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.