STUDI LITERATUR: MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Aisa universitas pgri adi buana
  • Dina Nur Febriani universitas pgri adi buana
  • Nurilita Syafira Putri universitas pgri adi buana
  • Mutia Rahma Deviyanti universitas pgri adi buana
  • Afni Sholikha universitas pgri adi buana

Keywords:

model pembelajaran kontekstual, model pembelajaran NHT, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, model pembelajaran PBL

Abstract

Saat ini, model pembelajaran konvensional masih banyak diterapkan dalam proses pembelajaran di Indonesia. Hal ini menjadikan siswa cenderung merasa bosan dan jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang diajarkan oleh guru, sehingga berdampak pada minat dan hasil belajar siswa. Tujuan utama dari artikel review ini adalah untuk membantu guru dalam menemukan model pembelajaran yang tepat diimplementasikan pada proses belajar mengajar agar siswa terlibat aktif didalamnya. Untuk itu, pemilihan model pembelajaran penting dilaksanakan dengan tepat agar terdapat perubahan dalam kegiatan belajar. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan di Sekolah Dasar antara lain sebagai berikut: (1) model pembelajaran kontekstual, (2) model pembelajaran NHT, (3) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (4) model pembelajaran PBL

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Aisa, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dina Nur Febriani, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nurilita Syafira Putri, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mutia Rahma Deviyanti, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Afni Sholikha, universitas pgri adi buana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

anggraeni, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistik Mathematic Education Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Utile, Vi(1), 37–41.

Ani Indriawati, M. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Joyful Learning Journal, 2(1), 54–61. Https://Doi.Org/10.15294/Jlj.V2i1.4919

Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–63.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V7i1.5338

Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 121. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V25i2.26620

Ilyas., Liu, A. N. A. M. (2020). The Effect Of Based E-Learning Contextual Approach On Student Learning Motivation. 6(2), 184–189. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V6i2.425

Leasa, M., & Corebima, A. D. (2017). The Effect Of Numbered Heads Together (Nht) Cooperative Learning Model On The Cognitive Achievement Of Students With Different Academic Ability. Journal Of Physics: Conference Series, 795. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Mahardika, I. P. M., Dantes, N., & Widiana, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sd Gugus V Kintamani Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar Pgsd Undiksha, 6(1), 1–32.

Muhsam, J., & Letasado, M. R. (2020). Improving Students ’ Science Process Skills For Material Of Forces Through The Contextual Teaching Learning Model ( Ctl ) In Elementary School. 479(Pfeic), 84–87.

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331–340. Https://Doi.Org/10.23819/Pi.V1i1.3039

Prayekti, H., Utomo, U., & Haryadi, H. (2019). The Effect Of Numbered Heads Together ( Nht ) Model Assisted With Audio Visual Media On The Learning Outcomes Of Identifying Story Elements Of Students Grade V. Journal Of Primary Education, 8(2), 232–237.

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. Www.Ijstr.Org

Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133.

Selvianiresa, D., Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching And Learning Approach Of Mathematics In Primary Schools. International Conference On Mathematics And Science Education (Icmsce) Iop Publishing, 895(012171), 1–7.

Setiawan, B. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan Peer Tutoring Berbasis Metode Pembelajaran Eksperimen Dan Demonstrasi Pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X Mia Sma Negeri 1 Banyudono.

Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Covid-19 Pandemic: The Influence Of Full-Online Learning For Elementary School In Rural Areas. Jpsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 114–123.

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness Of The Pre-Service Elementary Education Teacher Activeness In The Concept Of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.

Suadiyatno, T., Firman, E., Hanan, A., & Sumarsono, D. (2020). Examining The Effect Of Contextual Teaching-Learning And Anxiety Towards Students’ Speaking Skills. Journal Of Languages And Language Teaching, 8(1), 100. Https://Doi.Org/10.33394/Jollt.V8i1.2266

Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V1i3.11997

Suhartini, A. T., & Murni, S. (2018). Improving Student Cognitive Ability Through Contextual Learning Model In The Class Ii Learning School Of Basic School. Jurnal Collase, 01(03), 132–137.

Widyaningrum, H. K., Belajar, P., & Narasi, M. (2020). Inovasi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dan Keterampilan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar. 1(1), 62–70. Https://Doi.Org/10.37729/Jpd

anggraeni, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistik Mathematic Education Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Utile, Vi(1), 37–41.

Ani Indriawati, M. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Joyful Learning Journal, 2(1), 54–61. Https://Doi.Org/10.15294/Jlj.V2i1.4919

Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–63.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V7i1.5338

Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 121. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V25i2.26620

Ilyas., Liu, A. N. A. M. (2020). The Effect Of Based E-Learning Contextual Approach On Student Learning Motivation. 6(2), 184–189. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V6i2.425

Leasa, M., & Corebima, A. D. (2017). The Effect Of Numbered Heads Together (Nht) Cooperative Learning Model On The Cognitive Achievement Of Students With Different Academic Ability. Journal Of Physics: Conference Series, 795. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Mahardika, I. P. M., Dantes, N., & Widiana, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sd Gugus V Kintamani Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar Pgsd Undiksha, 6(1), 1–32.

Muhsam, J., & Letasado, M. R. (2020). Improving Students ’ Science Process Skills For Material Of Forces Through The Contextual Teaching Learning Model ( Ctl ) In Elementary School. 479(Pfeic), 84–87.

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331–340. Https://Doi.Org/10.23819/Pi.V1i1.3039

Prayekti, H., Utomo, U., & Haryadi, H. (2019). The Effect Of Numbered Heads Together ( Nht ) Model Assisted With Audio Visual Media On The Learning Outcomes Of Identifying Story Elements Of Students Grade V. Journal Of Primary Education, 8(2), 232–237.

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. Www.Ijstr.Org

Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133.

Selvianiresa, D., Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching And Learning Approach Of Mathematics In Primary Schools. International Conference On Mathematics And Science Education (Icmsce) Iop Publishing, 895(012171), 1–7.

Setiawan, B. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan Peer Tutoring Berbasis Metode Pembelajaran Eksperimen Dan Demonstrasi Pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X Mia Sma Negeri 1 Banyudono.

Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Covid-19 Pandemic: The Influence Of Full-Online Learning For Elementary School In Rural Areas. Jpsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 114–123.

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness Of The Pre-Service Elementary Education Teacher Activeness In The Concept Of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.

Suadiyatno, T., Firman, E., Hanan, A., & Sumarsono, D. (2020). Examining The Effect Of Contextual Teaching-Learning And Anxiety Towards Students’ Speaking Skills. Journal Of Languages And Language Teaching, 8(1), 100. Https://Doi.Org/10.33394/Jollt.V8i1.2266

Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V1i3.11997

Suhartini, A. T., & Murni, S. (2018). Improving Student Cognitive Ability Through Contextual Learning Model In The Class Ii Learning School Of Basic School. Jurnal Collase, 01(03), 132–137.

Widyaningrum, H. K., Belajar, P., & Narasi, M. (2020). Inovasi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dan Keterampilan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar. 1(1), 62–70. Https://Doi.Org/10.37729/Jpd

Zulfana, F., Mudzanatun, M., & Purwadi, P. (2020). Pengaruh Model Nht Berbantu Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdn 02 Ujung Pandan Jepara. Elementary School, 7(1), 13–17.

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Aisa, S. ., Nur Febriani, D. ., Syafira Putri, N. ., Rahma Deviyanti, M. ., & Sholikha, A. . (2022). STUDI LITERATUR: MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR . Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 315–322. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/209