PENINGKATAN LITERASI MENULIS PUISI MELAUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Authors

  • Maria Ulfa STKIP Kusuma Negara

Keywords:

literasi menulis puisi, metode contextual teaching, learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan literasi menulis puisi melalui metode contextual teaching and learning. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Prodi PGSD, STKIP Kusuma Negara, Tahun Ajaran 2020-2021 sejumlah 24 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Model PTK yang digunakan adalah Model Kemmis dan Taggart (1993) dengan menggunakan 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan pada saat PJJ mata kuliah Konsep Dasar Bahasa Indonesia di SD semester 3 dari bulan September sampai dengan Desember 2020. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes menulis puisi, obeservasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian pra tindakan menunjukan kriteria keberhasilan penelitian sebesar 37,5% dengan rata-rata nilai literasi menulis puisi mahasiswa 41,7. Siklus II nilai rata-rata literasi menulis puisi mahasiswa 72,5 dengan kriteria keberhasilan penelitian sebesar 45,83%. Siklus II peningkatan kriteria keberhasilan penelitian sebesar 58,33% dengan nilai rata-rata mahasiswa 82,5. Dan siklus III nilai rata-rata mahasiswa adalah 88,75 dengan kriteria keberhasilan penelitian sebesar 83,33%. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode  contextual teaching and learning dapat meningkatkan literasi menulis puisi mahasiswa Semester 3. Berdasarkan hasil temuan, disarankan kepada dosen atau guru dapat menerapkan metode  contextual teaching and learning untuk literasi menulis puisi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maria Ulfa, STKIP Kusuma Negara

Prodi PGSD

References

Pangaribuan, Marnala. (2020). The Effec Of Contextual Teaching And Learning Method In Writing English Paragraph At English Depeartment Fkip Nommensen Pematangsiantar. Bilingual, Vol. 2 No. 2 (2020). 85 – 95. https://usi.ac.id/jurnal/index.php/bilingual/article/view/427

Adawiah, Siti Robiah, dkk. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Onomatope Di MA Tanjungjaya. Parole, Volume 1 Nomor 6. 897-904. DOI: http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i6p897-904.1589

TIM GLN Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahyuni, Sri. Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, Vol 17, No 1. 179-189. DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v17i1.6580

Graff, Harvey J. (2006). Literacy. Microsoft® Encarta® [DVD]. Redmond, WA: MicrosoftCorporation 2005.

Wirjosoedarmo, Soekono. (1984). Tata Bahasa Bahasa Indonesia. Surabaya: Sinar Wijaya.

Resmini, Novi, dkk. (2006). Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS.

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Haryanto, Putri Chandra and Indiyah Sulistyo Arty. (2019). The Application of Contextual Teaching and Learning in Natural Science to Improve Student’s HOTS and Self-efficacy. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1233 (2019). 1-8. . doi:10.1088/1742-6596/1233/1/012106

Hakiki, Muhammad, Menrisal Menrisal, dan Popo Radyul. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Kasus Kelas Xii Sma Negeri 3 Padang). Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) Volume 1 Nomor 2. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/62

Permatasari, Sandireni Wahyu Eka dan Supari Muslim. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Standar Kompetensi Dasar Memasang Instalasi Penerangan Listrik Di Smkn 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik elektro. Volume 03 Nomor 02, 47-53. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Ulfa, M. . (2022). PENINGKATAN LITERASI MENULIS PUISI MELAUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 284–293. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/205